Fantastis! Marquez Dominasi GP Spanyol di Jerez


JEREZ (DP) – Luar biasa. Itu kata paling pas buat performa Marc Marquez kala menjuarai Grand Prix Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (6/5).

Start dari posisi kelima tak menghalangi pebalap Repsol Honda itu untuk menjadi yang terdepan di sirkuit yang tak ramah baginya itu.

Dominasi Marquez di Jerez ini juga diwarnai kecelakaan yang melibatkan tiga pebalap di belakang The Baby Alien, yaitu duo Ducati, Jorge Lorenzo, Andrea Doviziozo, dan penunggang Repsol Honda, Dani Pedrosa.

Kecelakaan ketiga rivalnya itu membuat Marquez kehilangan tekanan dan melenggang sendirian di depan dengan selisih waktu cukup jauh dari Johann Zarco, yang mendapat keuntungan menyusul jatuhnya tiga pebalap di depannya.

Petaka yang dialami tiga pebalap papan atas itu terjadi di lap 18 ketika Dovizioso memilih masuk ke tikungan dalam untuk menyalip Lorenzo, tapi kemudian melebar sehingga Lorenzo kembali masuk ke jalur balap. Tapi aksi Lorenzo itu menutup jalur Pedrosa, sehingga tabrakan tak terelakkan, yang melibatkan ketiganya.

Baca juga:  Menangi Duel Vs Rossi, Dovizioso Raih Pole Position di Brno

Pebalap Suzuki Andrea Iannone juga mendapat berkah dari kecelakaan itu, yang mendorongnya maju untu mengisi podium ketiga.

Di luar podium yang mengisi posisi lima besar adalah Danilo Petrucci dan Valentino Rossi.

Kemenangan Marquez ini sekaligus mengubah komposisi klasemen sementara pebalap, dengan sang Baby Alien berada di posisi puncak dengan 70 poin. Di posisi kedua adalah Zarco dengan 58 poin, Maverick Vinales di posisi ketiga dengan koleksi 50 poin.

Konsistensi Andrea Iannone selama musim ini mengganjarnya 47 poin, sehingga berhak duduk di posisi keempat. Andrea Dovizioso yang celaka di Jerez membuat raihan poinnya stagnan di angka 46.

Sementara itu di ajang Moto2, pebalap tim Pons HP40, Lorenzo Baldassarri, yang start di posisi terdepan, berhasil mengkonversinya menjadi juara Moto2 di Jerez. [dp/TGH]