Jelang Mudik, Jangan Pernah Lupakan Komponen yang Satu Ini

JAKARTA (DP) – Bagaimana pun, salah satu komponen pada kaki-kaki mobil ini harus diperhatikan dalam perawatannya. Pasalnya, begitu tidak mendapat sentuhan rutin, alhasil dampak yang terjadi bakal menimpa pada pemilik kendaraan.

Adalah ban, yang tanpa disadari seringkali luput diperhatikan dibandingkan elemen lainnya dari sebuah mobil. Padahal berdasarkan keterangan Korps Lalu Lintas Kepolisian (Korlantas) Polri, pada 2017, kondisi tidak prima kendaraan, terutama pada ban, menjadi satu di antara 10 faktor terbesar penyebab kecelakaan di jalan raya.

Data Korlantas Polri pada Januari-Mei 2017 mendapati kejadian 37.204 kasus kecelakaan lalu lintas dengan korban tewas sebanyak 9.034 orang, dan luka berat 6.357 orang. Sebagian besar terjadi akibat keteledoran mengemudi dan abai memastikan kendaraan dalam kondisi prima sebelum dijalankan.

Ini penting menjadi perhatian mereka yang sudah merencanakan mudik Lebaran tahun ini dengan mengendarai mobil sendiri.

Mengingat besarnya peran ban dalam menghadirkan berkendara yang nyaman dan aman, PT Himawan Putra sebagai perusahaan penyedia automotive equipment, coba memberikan solusi bagi pemilik mobil untuk lebih memerhatikan kondisi bannya dengan lebih baik lagi.

Founder PT Himawan Putra, Prayitno Himawan mengklaim secara alami kondisi kaki-kaki kendaraan paling sering luput dari perhatian pengemudi. Padahal jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama akibatnya bisa sangat fatal.

“Mengabaikan kondisi kaki-kaki mobil dapat menyebabkan ban cepat aus dan memperbesar kemungkinan pecah ban saat berkendara. Khususnya pada kecepatan tinggi dalam waktu lama,” tutur Prayitno, di sela-sela perkenalan produk Hunter kepada wartawan di kawasan Pluit Barat I, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (3/5) lalu.

“Memperhatikan kondisi kaki-kaki kendaraan ini paling krusial menjelang melakukan perjalanan mudik. Karena selain jarak tempuh yang jauh, umumnya kendaraan dijejali muatan yang maksimal dan ada dorongan untuk segera sampai ke tujuan. Akibatnya rentan terjadi kecelakaan,” terangnya lebih lanjut.

Di sisi lain, Manajer Training Hunter, Nurcahyo Adi Pranggono, mengakui pemakaian harian di kota kerap tidak disadari memberikan kemungkinan berubahnya sudut kaki-kaki mobil.

Sebut saja saat berkendara di jalanan kota dan harus melewati jalan berlubang, melewati polisi tidur, menyerempet trotoar, dan menggilas medan jalan pada saat berbelok.

“Karena itulah, Hunter memiliki teknologi Hunter Quick Check yang telah dipatenkan dan dapat melakukan pengecekan kaki-kaki kendaraan (spooring) hanya dalam waktu semenit. Hunter sendiri merupakan salah satu produk yang dipasarkan oleh PT Himawan Putra,” klaim Nurcahyo.

“Teknologi Hunter menggunakan double dual camera beresolusi tinggi (20 mega pixel) dan teknologi Quick Grip Wheel Adaptor yang memungkinkan deteksi sudut kaki-kaki kendaraan maupun copot dan pasang ban dengan cepat yang menjamin kondisi pelek,” tutup Nurcahyo. [dp/MT]

Previous articleAkhirnya Fernando Alonso Naik Podium Lagi Bersama Toyota
Next articleAHM Edukasi Siswa SD Soal Pentingnya Hidup Sehat