Akhirnya Fernando Alonso Naik Podium Lagi Bersama Toyota


STAVELOT (DP) – Juara dunia dua kali Formula 1 Fernando Alonso akhirnya bisa kembali merebut podium pertama sejak Grand Prix Spanyol 2013 silam. Tapi kemenangan pebalap Spanyol ini terwujud di ajang FIA World Endurance Championship bersama tim Toyota Gazoo Racing.

Dalam balap ketahanan 6 jam yang digelar di Sirkuit Spa Francorchamps, Belgia, Sabtu (5/5), itu, Alonso didampingi dua rekan setimnya, Sebastien Buemi dan Kazuki Nakajima.

Alonso yang menggeber mobil Toyota TS050 bernomor 8 sejatinya adalah debut pertamanya di ajang balap ketahanan di tengah libur balapan di Formula 1. Di ajang balap jet darat, Alonso bergabung dengan tim McLaren.

“Ini adalah debut yang benar-benar bagus,” kata Alonso.

“Selama balapan saya rasa secara mendasar kami memimpin di keseluruhan lap. Kami menghadapi tiga kali safety car masuk lintasan, sehingga kami banyak kehilangan waktu, tapi beruntung kami bisa mempertahankan posisi hingga lap terakhir,” ujarnya.

Baca juga:  Iconic Bike Suryanation Motorland 2018 Hadir Perdana di Kota Semarang

Ia juga tak lupa memuji rekannya yang membalap lebih dulu, Buemi, sehingga memudahkan dirinya untuk menjaga laju di depan.

Buemi mendapat kesempatan lebih dulu untuk memacu Toyota nomor 7 dari posisi pertama, sebelum dilanjutkan oleh Alonso pada lap 34 hingga lap 73. Setelah itu baru giliran Nakajima berada di balik kemudi.

Alonso kemudian kembali ambil alih kemudi pada lap 131 hingga garis finish.

Sementara itu, mobil Toyota bernomor 7 yang dikemudikan Mike Conway, Kamui Kobayashi dan Jose Maria Lopez, berhasil finish kedua, dengan selisih waktu sekitar 8 detik dari Alonso Cs.

Conway dua kali berhasil memepet Alonso, tapi selalu gagal mendahului meski Alonso sempat diinstruksikan oleh timnya untuk memperlambat laju karena suhu girboks mobilnya meningkat. [dp/TGH]