Mantap! Toyota 86 Versi Baru Tampil Lebih Beringas


TOKYO (DP) – Salah satu mobil sport modern di dunia yang paling banyak dicari konsumen adalah Toyota 86. Mobil sport entry level ini kabarnya akan muncul generasi barunya pada 2020 atau 2021 mendatang.

Popularitas Toyota 86 memang sangat tinggi di berbagai negara di dunia. Itulah mengapa inden untuk model ini cukup lama. Apalagi yang memproduksi Toyota 86 hanyalah Toyota Jepang, tidak diproduksi di negara lain.

Nah, sebelum Toyota 86 generasi anyar itu lahir, beberapa pakar olah digital sudah memprediksi akan seperti apa tongkrongan dari mobil sport berpenggerak roda belakang ini.

Beberapa laporan media yang beredar sejak awal tahun ini menyebutkan bahwa new 86 akan sedikit lebih garang ketimbang model yang beredar sekarang. Sejumlah sumber di Negeri Matahari Terbit mengatakan bahwa new 86 akan memiliki ground clearance lebih rendah dan guratan garis desain lebih tajam. Mungkin bentuk depannya mirip dengan Toyota CH-R dan juga memiliki fender lebih kekar.

Baca juga:  Toyota Siap Lahirkan All-New Yaris dan Vios

Di balik kap mesinnya, menurut informasi, tersemat mesin bensin baru berkapasitas 2.4 liter, menggantikan mesin boxer 2.0 liter yang dipakai 86 versi lawas. Belum diketahui apakah mesin anyar ini racikan Toyota atau Subaru. Tapi ada kemungkinan adalah mesin Subaru 2.4-liter turbo bertenaga 260 horsepower (194 kilowatt) dan torsi 277 pound-feet (376 Newton-meter), yang dipakai oleh Subaru Ascent.

Toyota kemungkinan besar akan mengembangkan new 86 dengan menggunakan arsitektur baru, yakni Toyota New Global Architecture (TNGA), yang bisa dipasangkan dengan mesin turbocharged.

Tetsuya Tada, chief engineer Toyota 86 dan Supra, sebelumnya mengatakan platform baru itu sangat krusial jika mereka ingin menambahkan turbocharger ke mesin new 86.

Selain kapasitas mesin lebih besar, Toyota 86 generasi anyar juga akan dilengkapi seabrek teknologi keselamatan dan penunjang kenyamanan pengemudi terkini, seperti pre-collision braking, adaptive cruise control, lane keep assist, reverse automatic braking, dan blind spot detection, juga EyeSight assistance suite milik Subaru.

Baca juga:  Kemeriahan Festival Avanza-Veloz Sebangsa di Kota Bumi Sriwijaya

Jika tak ada aral melintang, Toyota 86 anyar akan meluncur pada awal dekade mendatang. Toyota akan memproduksi model ini di pabrik Gunma di Jepang. [dp/TGH]