Duet Srikandi Ini Siap Debut di Banteng Motorsport Sprint Rally


JAKARTA (DP) – Ajang balap otomotif memang tidak lagi ‘hak paten’ kaum Adam. Tengok saja kakak beradik ini yang bakal melakoni debutnya di ajang Banteng Motorsport Sprint Rally, yang berlangsung di Sirkuit Paramount, Gading Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu-Minggu (12-13/5).

Adalah Sissy Prescillia dan Vanesha Prescilla yang tergabung dalam tim Sassy Motorsport, yang mendapat bimbingan langsung dari Rifat Sungkar, suami dari Sissy. Pada perlombaan nanti, Sissy akan bertindak sebagai driver, sementara Vanesha yang lebih akrab disapa Sasha menjadi co-driver.

Keduanya telah menjalani sesi latihan bebas yang dipimpin langsung oleh Rifat, dibantu oleh M. Redwan, yang lebih dikenal sebagai navigatornya selama ia menjalani balapan di ajang Indonesia eXtreme Offroad Championship (IXOR).

Dalam keterangan resminya, Sissy mengaku dirinya gugup dalam menghadapi ajang sprint rally ini. Namun, bimbingan yang diberikan Rifat memberikan motivasi tersendiri baginya.

Baca juga:  All New Vario Sudah Terjual Hingga 8.000 Unit Lebih di Jawa Barat

“Perasaan saya deg-degan, karena ini pertama kali saya ikut balapan yang serius. Memang zaman SMA saya suka balap-balapan, tapi itu sudah belasan tahun yang lalu. Saya sudah latihan semampu saya dan saya harap ajaran yang sudah diberikan Rifat dapat mempermudah saya dalam mengendalikan mobil balapnya,” cerita Sissy.

Disisi lain, Rifat menjelaskan sang istri sudah diberikan pemahaman, terutama dalam mengoperasikan gearbox sequential yang ada di dalam mobil MSport R2 (tergabung dalam kelas R2) yang akan digunakannya nanti.

“Karena mobil yang digunakan menggunakan gearbox sequential, jadi Sissy perlu belajar membiasakan diri untuk mengoper gigi. Pada latihan kemarin, ia sudah mulai terbiasa. Pada dasarnya gearbox sequential tidak terlalu menyulitkan karena hampir sama dengan H pattern yang diterapkan di mobil-mobil pada umumnya. Jadi saya yakin pada saat perlombaan, Sissy bisa mengoptimalkan penampilannya bersama Sasha,” ungkap Rifat.

Baca juga:  Penerapan Euro 4 Hanya untuk Industri, Konsumen Tak Perlu Risau

Sementara itu, Redwan juga telah menerapkan prinsip membaca pace note (catatan navigasi yang dibacakan co-driver kepada pebalapnya) yang paling mudah untuk dapat diaplikasikan oleh Sasha pada saat perlombaan berlangsung. Hal ini diperlukan agar Sasha tidak kebingungan dan tahu apa yang harus dilakukan pada saat memberikan petunjuk arah kepada Sissy.

Rifat yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi Rally IMI Pusat memang memiliki visi dan misi untuk mendekatkan olahraga rally dan sprint rally kepada masyarakat Indonesia. Diakui olehnya bahwa keikutsertaan Sissy dan Sasha merupakan salah satu bukti nyata bahwa olahraga ini dapat dinikmati oleh siapa saja.

“Dengan keikutsertaan Sissy dan Sasha, saya ingin mendekatkan kedua olahraga otomotif ini ke seluruh masyarakat Indonesia. Menurut saya, cabang olahraga otomotif ini bisa menjadi tempat yang benar, tempat yang asyik, dan tempat yang tepat untuk berkompetisi.”

“Ajang rally Indonesia pada dua tahun terakhir juga sudah menjadi pilihan kompetisi yang sangat menarik dengan keikutsertaan wanita—sebelumnya sudah ada nama Alinka Hardianti dan Liana Saputri—yang menandakan semua orang bisa mengikuti cabang rally. Inilah bukti bahwa wanita juga memiliki keterampilan yang sangat baik. Mereka juga dapat mengasah skill, mengatur emosi, dan berbagai pembelajaran lainnya lewat ajang rally,” pungkas Rifat.

Baca juga:  Mau Mudik? Bawa Barang Bawaan Seperlunya Saja

Selain Sissy dan Sasha, Sassy Motorsport juga akan diperkuat oleh duet Ria Sungkar yang merupakan Ibunda Rifat dan Ida Farida Hanas selaku Ibunda Sissy dan Sasha. Keduanya akan tampil bersama, di mana Ria akan bertindak sebagai driver dan Ida sebagai co-driver-nya.

Selain Sissy, Sasha, Ria, dan Ida, di ajang Banteng Motorsport Sprint Rally kali ini, pebalap wanita muda berbakat lainnya, Nurcanya Halimatussadiyah, dipastikan juga akan tampil untuk meramaikan kelas wanita yang sudah pasti sangat dinanti-nantikan. [dp/MT]