Cara Yayasan Honda Bantu Duta Keselamatan Berkendara | dapurpacu.id

Cara Yayasan Honda Bantu Duta Keselamatan Berkendara


CIKARANG (DP) – Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) resmi membuka fasilitas Safety Riding Lab Astra Honda di SMK Mitra Industri MM2100, Cikarang, Jawa Barat, Jumat (11/5) lalu.

Fasilitas ini merupakan sarana kampanye keselamatan berkendara para siswa SMK binaan AHM sebagai duta Safety Riding yang pertama dibangun.

Safety Riding Lab Astra Honda merupakan bentuk berkesinambungan kampanye keselamatan berkendara yang digulirkan YAHM. Diawali dengan program Sahabat Satu Hati Berbagi Ilmu Berkendara di berbagai sekolah, YAHM melahirkan siswa-siswi duta keselamatan berkendara.

Sarana yang berisikan beberapa zona ini dibangun pertama kali pada November tahun lalu, dan kini telah siap digunakan para duta keselamatan berkendara. Nantinya, mereka mengajak seluruh elemen sekolah bersama-sama membangun kesadaran bersama terhadap keselamatan berkendara di lingkungan sekolah maupun tempat tinggalnya.

Seluruh zona difungsikan secara komprehensif untuk memberikan kemudahan dalam menyampaikan dan menerima materi. Meliputi Zona Audio-Visual, di mana area ini digunakan untuk penyampaian materi serta diskusi teknik dan etik berlalu lintas.

Baca juga:  Inilah Dua Varian Terbaru Honda CBR250RR

Di zona ini juga dapat menyaksikan video kreatif dan kekinian bertema kampanye keselamatan berkendara yang merupakan hasil karya peserta lomba vlog yang diadakan AHM.

Zona tersebut juga difungsikan sebagai ruang sekretariat para duta di mana mereka bisa memanfaatkannya sebagai ruang pembuatan blog dan pembahasan fotografi yang sudah pernah diajarkan AHM sebelumnya di kegiatan Safety Riding Camp dalam dua tahun terakhir.

Ruang ini diharapkan mampu merangsang siswa-siswi menganalisa dan mendiskusikan akar penyebab masalah lalu lintas, serta menuangkannya dalam karya tulisan, foto, dan video yang dapat menginspirasi generasi muda lainnya untuk bersama-sama peduli terhadap keselamatan berkendara.

Lainnya adalah Zona Simulasi yang berdinding tiga dimensi layaknya di jalan raya. Area ini dilengkapi media praktek berupa Honda Riding Trainer (HRT) dan riding gears. Para duta juga bisa semakin mempertajam ilmunya dengan buku-buku referensi yang disediakan di zona ini.

Baca juga:  Pandemi Berlanjut, AHM Salurkan Beasiswa Untuk Sekolah Binaan

Safety Riding Lab Astra Honda juga dilengkapi Zona Praktek yang didesain pada Peraturan Kapolri no 9 tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi. Fungsinya sebagai area simulasi berkendara yang lengkap dengan tekstur berbagai kondisi jalan dan rambu-rambu lalu lintas.

Ketua YAHM Putu Astawa mengatakan fasilitas ini merupakan tahap lanjut upaya yayasan mengampanyekan keselamatan berkendara di kalangan anak muda. Dengan memberikan dukungan sarana prasarana bagi para duta keselamatan berkendara, kesadaran keselamatan berkendara diharapkan bisa semakin luas dampaknya.

“Safety Riding Lab Astra Honda di lingkungan sekolah ini akan kami lanjutkan di sekolah-sekolah lain, sehingga kampanye keselamatan berkendara dapat dilakukan para anak muda dengan semakin kreatif dan optimal,” ucapnya.

Bersamaan dengan prosesi peresmian, ditandatangani pula Memo of Understanding (MoU) terkait Sekolah Satu Hati sebagai sekolah yang dibina oleh AHM. Enam sekolah yang melakukannya, yaitu SMK Mitra Industri MM2100, SMK Negeri 1 Cikarang Utara, SMK Negeri 1 Setu, SMK Hijau Muda, SMK Smart Bekasi, dan SMK Al Amin Cibarusah. [dp/MT]