Hamilton Tampil Dominan di GP Spanyol, Mercedes Finish 1-2


BARCELONA (DP) – Lewis Hamilton tampil dominan di Grand Prix Spanyol dengan keunggulan 20 detik dari rekan setimnya, Valtteri Bottas, membuat tim Mercedes finish di posisi satu-dua, Minggu (13/5).

Kemenangan ini membuat Hamilton mengemas 17 poin lebih banyak dari pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, yang hanya finish di posisi keempat.

Bagi Hamilton, kemenangan di GP Spanyol ini adalah kemenangan ke-64 selama kariernya di ajang balap Formula Satu dan sekaligus pole position ke-74. Pebalap Inggris itu hanya kalah dari Michael Schumacer dengan 91 kemenangan.

Hamilton bersama juara dunia tujuh kali Schumacher dan juara dunia dua kali Mika Hakkinen sama-sama berhasil menjuarai GP Spanyol sebanyak tiga kali di Sirkuit Catalunya.

“Hari ini saya merasakan sinergi dengan mobil ya ng selama tahun ini tak pernah saya rasakan. Jadi kami harus melakukan lagi,” aku Hamilton dalam sesi wawancara usai lomba.

Baca juga:  Lewis Hamilton Juarai GP Hungaria, Duo Ferrari Podium 2-3

Sementara di belakang Valtteri Bottas adalah Max Verstappen dari tim Red Bull, yang sempat mendapat tekanan dari Sebastian Vettel di akhir-akhir lomba.

Sebenarnya Vettel melakukan start cukup apik, tapi ia salah antisipasi pada pit stop keduanya setelah terjadi tabrakan yang melibatkan sejumlah mobil sehingga memaksa kondisi Virtual Safety Car untuk membersihkan lintasan. Kondisi itu membuat pebalap Jerman itu mundur dua posisi.

Pebalap Australia Daniel Ricciardo di posisi kelima dengan Red Bull, dibuntuti oleh pebalap Haas, Kevin Magnussen, dan pebalap Renault, Carlos Sainz, serta dua kali juara dunia asal Spanyol, Fernando Alonso, yang memacu McLaren.

Jagoan Meksiko, Sergio Perez dari tim Force India, finish di urutan kesembilan dan  Monegasque Charles Leclerc dari Sauber menggenapi posisi 10 besar.

Tercatat hanya 14 dari 20 starter yang menyelesaikan balapan kali ini. [dp/TGH]