JAKARTA (DP) – Menjelang Ramadan, yang bertepatan dengan periode kuartal I-2018, Daihatsu menorehkan catatan apik dalam hal penjualan, baik secara whole sales maupun retail sales.
Selama Januari – April 2018, Daihatsu berhasil membukukan retail sales dengan penjualan sebesar 64.880 unit, naik 10% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Sementara dari sisi wholesales, Daihatsu mencatat sebanyak 70.476 unit, naik 8% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.
Secara umum, data penjualan per model Daihatsu sepanjang 2018, didominasi oleh tiga model utama, yakni Astra Daihatsu Sigra, Gran Max Pick Up (GM PU), dan Daihatsu Xenia.
Untuk retail sales, Sigra tetap menjadi idola masyarakat Indonesia dengan perolehan 15.983 unit atau 25%, disusul Gran Max Pick Up (PU) pada urutan kedua sebanyak 13.538 unit (21%), dan Xenia sebesar 11.047 unit (17%).
Selanjutnya, Terios mencatat penjualan 9.518 (15%), Ayla sebesar 8.040 unit (12%), serta Gran Max Mini Bus (MB) 4.990 unit (8%). Daihatsu lainnya adalah Luxio, Sirion, Hi-Max dan Copen, yang berkontribusi total sebesar 1.764 unit (3%).
Pada sisi wholesales, Sigra berada di urutan teratas dengan raihan 17.419 unit atau 25%, disusul dengan Gran Max Pick Up (PU) yang berkontribusi 15.446 unit (22%), dan ketiga adalah Xenia sebanyak 11.558 unit (16%). Selanjutnya ada Daihatsu Ayla yang menyumbang 10.577 unit (15%), Daihatsu Terios 9.003 unit (13%), dan Gran Max (MB) 4.659 unit (7%). Untuk Daihatsu lainnya meliputi Daihatsu Luxio, Sirion, Hi-Max dan Copen yang berkontribusi sebesar 1.814 unit (3%).
“Terima kasih atas kepercayaan masyarakat terhadap Daihatsu. Semoga pencapaian ini dapat terus memotivasi kami untuk dapat memberikan produk maupun pelayanan purnajual terbaik,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), dalam keterangan tertulisnya. [dp]