Joan Mir Bakal Dampingi Marc Marquez Musim Depan?


PARIS (DP) – Teka-teki soal masa depan Dani Pedrosa di tim Repsol Honda terus mengemuka. Kini muncul nama pebalap muda, Joan Mir, yang disebut-sebut akan menjadi tandem Marc Marquez musim 2019.

Autosport melaporkan bahwa Mir telah menandatangani pra-kontrak dengan Honda. Jika kesepakatan itu diaktifkan, maka otomatis Mir akan mengisi satu posisi di tim Repsol Honda. Artinya, Pedrosa yang akan tergusur karena Marquez telah meneken kontrak baru di tim pabrikan asal Jepang itu.

Mir sendiri adalah pemegang gelar juara dunia Moto3 dan kini berlaga di Moto2 bersama Marc VDS Moto2.

Sebelumnya, Honda mengumumkan kontrak baru bertenor dua tahun untuk Marquez menjelang dimulainya seri kelima MotoGP yang berlangsung di Sirkuit Le Mans akhir pekan lalu. Disebut-sebut, Honda masih ragu untuk memperpanjang kontrak Pedrosa, karena mereka masih akan memantau perkembangan pebalap asal Spanyol itu musim ini.

Baca juga:  Begini Tampilan Toyota HiLux di Reli Dakar 2019

Di sisi lain, jagoan Tech3 Yamaha, Johann Zarco, sebelumnya juga dikabarkan menjadi salah satu pebalap yang akan menjadi rekan setim Marquez untuk mengarungi musim balap 2019. Tetapi pebalapa asal Perancis itu lebih memilih meneken kontrak dengan tim KTM, sehingga menjadikan Mir sebagai alternatif paling realistis untuk menggantikan Pedrosa.

Honda sejauh ini belum membuka pembicaraan kontrak baru dengan Pedrosa, karena tim pabrikan itu masih meragukan dapat mempertahankan Pedrosa yang berpengalaman di kasta tertinggi balap motor dunia itu atau justru bertaruh dengan mengontrak pebalap belia Mir.

Di sela seri kelima di Le Mans akhir pekan lalu, bos Tim Repsol Honda, Alberto Puig, menyatakan bahwa keputusan final soal pendamping Marquez akan diumumkan tak akan lebih dari waktu gelaran seri balap di Barcelona pada medio Juni mendatang.

Kalau Honda tak cepat membuat keputusan, mereka bisa kehilangan Mir. Pasalnya, pra-kontrak Honda dengan Mir akan habis masa berlakunya pada akhir Mei 2018, dan setelah itu pebalap berusia 20 tahun itu akan bebeas untuk bicara kontrak dengan Suzuki dan Ducati, yang juga tertarik meminangnya.

Baca juga:  Ini Alasan Zarco Terjatuh di Le Mans

Mir diyakini akan mengisi posisi di Suzuki untuk mendampingi Alex Rins yang baru memperpanjang kontrak, jika Jorge Lorenzo tetap bersama Ducati.

Mir merebut podium untuk kali pertama di ajang Moto2 akhir pekan lalu di Le Mans, dan ia pernah mengungkapkan keinginannya untuk naik ke kelas MotoGP sesegera mungkin. [dp/TGH]