Honda Jazz Listrik Siap 'Menyetrum', Harga Rp254 Jutaan | dapurpacu.id

Honda Jazz Listrik Siap ‘Menyetrum’, Harga Rp254 Jutaan


BEIJING (DP) – Kebijakan pemerintah China yang mewajibkan semua pabrikan mobil mengalokasikan 10% dari total penjualan kendaraan bertenaga listrik, telah ‘menyengat’ Honda untuk melahirkan mobil listrik.

Model yang akan mendapatkan teknologi listrik itu adalah Honda Fit (Honda Jazz) EV. Ditengarai Honda mengembangkan Fit EV generasi kedua dengan menjalin kerjasama dengan Contemporary Amperex Technology, salah satu produsen baterai otomotif terbesar di China.

Jika semua berjalan lancar, Honda Fit EV itu akan dibanderol setara $18.000 atau sekitar Rp254 jutaan di China. Hatchback ini akan memiliki daya jelajah 186 mil (300 kilometer).

Menurut sejumlah laporan, Honda Fit EV akan diperkenalkan di China lebih dulu, dan kemudian akan dipasarkan ke sejumlah negara lain di dunia. Honda menargetkan penjualan mencapai sekitar 100.000 unit per tahun.

Selain mengembangkan Fit EV, Honda juga berharap dapat bekerjasama dengan CATL untuk pengujian, teknik produksi dan teknologi tentang mobil listrik. CATL diprediksi akan memiliki pangsa pasar terbesar di pasar baterai otomotif global hingga akhir tahun ini dengan raihan angka 19%.

Bandingkan dengan Panasonic, yang memasok sel lithium-ion untuk Tesla dan baterai mobil listrik untuk Toyota, menguasai 15,5% pangsa pasar.

Untuk diketahui, Honda Fit EV generasi pertama (foto di atas) diperkenalkan pada Juli 2012, dan mengadopsi baterai lithium-ion serta motor listrik single synchronous AC, sehingga mampu menggerakkan mobil sejauh 82 mil (131,9 km). Sel baterai tersebut diproduksi oleh Toshiba.

Sejauh ini Honda belum memberikan penjelasan rinci mengenai rumor yang beredar seputar New Honda Fit EV. [dp/TGH]