Lorenzo Tunggangi Tim Satelit Yamaha Musim 2019?


BOLOGNA (DP) – Juara dunia tiga kali MotoGP Jorge Lorenzo berpeluang memperkuat tim satelit Yamaha musim 2019 setelah kesempatan memperpanjang kontrak di tim pabrikan Ducati memudar.

Lorenzo, yang mengemas 44 kemenangan di ajang MotoGP dan meraih gelar juara dunia bersama Yamaha, saat kesulitan mengulang sukses itu sejak bergabung dengan Ducati dengan kontrak dua tahun sejak 2017.

Pebalap Spanyol itu sekarang sepertinya semakin kecil peluangnya untuk meneken kontrak baru dengan Ducati, karena dua pebalap Pramac Ducati, yakni Danilo Petrucci dan Jack Miller, dinilai lebih terjangkau nilai kontraknya ketimbang Lorenzo.

Lorenzo juga muncul sebagai kandidat untuk menggantikan Andrea Iannone di Suzuki, tapi tim pabrikan asal Jepang ini juga tertarik merekrut bintang Moto2, Joan Mir.

Namun demikian, Lorenzo masih terbuka peluang untuk kembali menunggangi motor Yamaha M1-YZR, yang tentu lebih familiar bagi mantan rekan setim Valentino Rossi itu. Hanya saja yang tersedia adalah posisi di tim satelit Yamaha.

Baca juga:  Ducati Berjaya di Negara Asalnya, Lorenzo Crash

Perlu diketahui bahwa Yamaha akan kehilangan mitra lamanya, Tech3, yang akan menggunakan KTM mulai musim depan, sehingga Yamaha butuh mitra baru untuk mengarungi musim 2019.

Jika Yamaha mendapatkan tim satelit baru, terbuka lebar kesempatan untuk menampung Lorenzo. Tim satelit yang memiliki potensi besar menggunakan Yamaha adalah Marc VDS.

Tim ini telah melakukan serangkaian pembicaraan untuk mengganti motor Honda dengan Yamaha musim depan. Hanya saja tim itu sedang kisruh di internalnya, antara pemilik tim, Marc van der Straten, dengan manajer tim, Michael Bartholemy.

Tapi jika Lorenzo bergabung dengan Marc VDS juga tak akan mulus-mulus amat, karena berkaitan dengan persetujuan dari sejumlah pihak yang terkait, juga sponsor pendukung dan tentunya soal gaji si pebalap yang tinggi. Tapi jika semua kendala itu terselesaikan, bisa jadi sang Spaniard ini akan berduet dengan juara Moto2, Franco Morbidelli.

Baca juga:  Perang Bathin Aldio Oekon di Seri 2 ISSOM 2018

Bagi Yamaha sendiri, bergabungnya Lorenzo di tim satelit akan memberi keuntungan untuk memberikan masukan soal setelan motor. Pasalnya, sejak ditinggalkan Lorenzo, tim pabrikan Yamaha frustrasi dengan performa motor, terlebih Maverick Vinales belum menunjukkan prestasi gemilang sejak menggantikan posisi Lorenzo. [dp/TGH]