Terinspirasi Yamaha TW, Anak Bali Bikin Motor Konsep Anak Pantai (Galeri Foto)


JAKARTA (DP)  –  Eka Aditya Wirawan terinspirasi dengan tampilan trail Yamaha TW yang menggoda dengan kedua tapak ban besar. Hal ini membuat pria kelahiran Bali ini tergoda untuk mengubah Yamaha Scorpio lansiran 2005 bergaya layaknya Yamaha TW, namun dengan konsep motor anak pantai serta terdapat unsur etnik Bali di dalamnya.

“Awalnya saya suka dengan tampilan Yamaha TW. Itu konsep awal, kemudian karena saya kelahiran Bali, maka saya ingin motor saya ada unsur nuansa pantai dan warna biru yang muncul, serta lukisan Barong yang terdapat di tangki itu melambangkan kebaikan. Dan Barong bagi orang Bali dipercaya dapat mengusir makhluk halus yang menebar bencana,” ujar Eka saat menceritakan tentang konsep motornya.

Demi merealisasikan konsep motornya, Eka mempercayakan pengerjaan kepada bengkel modifikasi Protechinc, dengan Ari Supriyanto sebagai pemilik sekaligus builder. Bengkel Protechinc sendiri berlokasi di Jl Raya Rempoa, Jakarta Selatan.

Baca juga:  Rayakan HUT ke-4, Kutu Community Gelar Vespa Hias di Bali

Saat ditemui di workshop sekaligus bengkel, Ari mengungkapkan detail pengerjaanya. “ Pemilik ingin motornya berbentuk Scrambler tapi bannya gendut. Inginnya dengan ban besar supaya motornya tidak terlihat kecil, proses pengerjaan memakan waktu 3 bulan”.

Sedangkan untuk body motor, menurut Ari, mengunakan aluminium dengan ketebalan 3 mm, sedangkan pengerjaan membentuk tangki tidaklah mudah. “Keseluruhan, paling susah bikin tangki 8 liter, ditambah lagi karena banyak tekukan. Hasil akhir, tangki motor tidak dilapisi oleh cat,  hanya diekspos dengan pernis yang menutupi tampilan lukisan Barong dan tangki,” ujarnya. [dp/Byn]

Spesifikasi Yamaha Scorpio

Ban Depan : Shinko SR428 130/80-18

Ban Belakang : Shinko SR428 180/80-14

Teromol Depan : Custom Scorpio

Teromol Belakang : Hyosung

Handel Kopling : Trail Yamaha YZ

Master Rem Depan : Tokico ZX-636

Fork Depan : ER6 Kawasaki USD  ZX-636

Lampu Depan : Variasi

Lampu Belakang : Variasi

Riser : DBS

Rangka : Kustom

Tangki : Kustom Alumunium

Baca juga:  MBTech Auto Live Battle 2018 Sukses Berlangsung di Denpasar

Fender Depan Belakang : Kustom Alumunium

Arm Belakang : Kustom

Shockabsorber : Kawasaki er6n