SPBU Muri Tegal Diyakini Bakal Dibanjiri Pemudik


TEGAL (DP) – Di salah satu ruas jalan non tol, ada lokasi peristirahatan paling terkenal dan nyaman. Lokasi yang juga menjadi satu dengan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) ini memang menjadi tempat wajib untuk melepas penat begitu keluar dari Exit Tol Brebes Timur.

Sudah menjadi komitmen PT Pertamina bakal mempersiapkan sejumlah rest area di SPBU, sebagai upaya pelayanan di tengah arus mudik. Salah satunya yang diyakini menjadi lokasi paling favorit yaitu SPBU MURI, yang berlokasi di Tegal, Jawa Tengah.

SPBU MURI merupakan salah satu SPBU terlengkap di ruas jalur Pantura. Terletak di Jalan Mayjen Soetoyo, Purwahamba, Tegal, SPBU ini memperoleh tiga penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI), yakni SPBU dengan toilet terbanyak, SPBU dengan toilet terbersih, serta Pengusaha Tertua di Tegal.

SPBU ini menjadi istimewa karena memiliki segudang fasilitas. Mulai dari toilet yang mencapai 107 pintu, tempat rekreasi dan kolam renang, tempat makan, bahkan penginapan transit yang bisa disewa para pemudik untuk waktu singkat.

Untuk bisa menginap ‘sesaat’ di sini cukup dengan mengeluarkan kocek sebesar Rp40 ribu per orang untuk 8 jam. Namun, jangan bayangkan kamar hotel pada umumnya, karena penginapan di SPBU ini didesain hanya untuk beristirahat sejenak melepas penat.

Penginapan berbentuk satu ruangan besar seperti aula, tempat istirahat tersebut terisi sekitar 20 tempat tidur lipat dan masing-masing diberi bantal dan selimut. Meski tidak ber-AC, tak perlu khawatir ada beberapa kipas besar di plafon.

“Sebagai SPBU yang berlokasi di jalur padat, SPBU MURI ini harus mampu memberi kenyamanan bagi pengendara,” jelas Plt Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, di sela kunjungan kerja Menteri ESDM di SPBU MURI, Sabtu (2/6).

SPBU MURI ini juga menyediakan fasilitas parkir motor dan mobil yang cukup luas, sehingga bisa menampung banyak tamu. Selain itu tersedianya tempat pijat dan refleksi, ruang menyusui, mushola, tempat cuci mobil dan kamera pantau yang aktif selama 24 jam.

“Dengan lengkapnya fasilitas ini, sering digunakan untuk acara-acara perusahaan atau masyarakat. Kami berharap SPBU MURI dapat turut mendorong perekonomian kota Tegal,” pungkas Nicke.

Tak hanya SPBU MURI, Pertamina juga menyediakan tempat beristirahat Serambi Pertamax di beberapa titik peristirahatan lainnya yang bisa ditemui di sepanjang jalur mudik Anda. [dp/MTH]