Toyota Yaris Sedan Laris di India, Inden 2 Bulan | dapurpacu.id

Toyota Yaris Sedan Laris di India, Inden 2 Bulan


NEW DELHI (DP) – Setelah harga diumumkan pada akhir April 2018, Toyota mulai kebanjiran pesanan untuk model sedan Yaris, atau kalau di Indonesia dijuluki Vios. Tingginya permintaan membuat konsumen harus rela menunggu unit dikirim hingga dua bulan.

Menurut laporan Autocar Professional yang mengutip data penjualan dari dealer Toyota di Delhi, Toyota Yaris telah dipesan sebanyak lebih dari 7.200 unit di seluruh, dengan permintaan terbanyak berasal dari wilayah India Selatan, disusul oleh New Delhi. Bahkan pesanan dari Delhi mencapai sekitar 1.000 unit dalam 20 hari sejak harga pesaing Honda City itu diumumkan harganya.

Dengan kian tingginya permintaan terhadap Toyota Yaris sedan, membuat kapasitas produksi di pabrik Bidadi ditingkatkan sebesar 40.000 unit.

Selama Mei 2018, Toyota Yaris mencatat penjualan sebanyak 2.843 unit, mengalahkan Honda City yang sebanyak 2.763 unit. Tapi di segmen ini, Maruti Ciaz masih memimpin dengan raihan penjualan 4.024 unit, dan diikuti Hyundai Verna sebanyak 3.801 unit.

Baca juga:  Suzuki Segera Gelontorkan Jimny 5 Pintu Akhir Tahun ini

Keunggulan Ciaz kemungkinan besar karena adanya varian bermesin diesel. Sedangkan Toyota tidak berencana meluncurkan varian diesel untuk Yaris, karena model bermesin bensin menguasai sekitar 80% penjualan di segmennya.

Toyota melengkapi Yaris dengan 7 airbag dan ABS dengan EBD dan BA sebagai peranti keselamatan standar di semua varian. Ada juga fitur yang pertama kali diterapkan pada segmen ini, yaitu pengatur tempat duduk pengemudi secara elektrik, monitor tekanan ban, sensor parkir depan, kendali gerak untuk layar hiburan, ventilasi AC di atap bagian tengah dan beberapa fitur lainnya.

Untuk pilihan mesinnya hanya tersedia satu varian, yakni mesin bensin 1.5 L naturally aspirated. Mesin ini menghasilkan tenaga 109 PS dan torsi 140 Nm, yang disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 6 percepatan atau CVT.

Kedua varian tadi, baik manual atau matik, ditawarkan dalam empat tipe model, yakni J, G, V, dan VX. Varian entry-level Toyota Yaris adalah J manual. Sedangkan versi termahal adalah VX matik.

Baca juga:  Suzuki Segera Gelontorkan Jimny 5 Pintu Akhir Tahun ini

Hingga akhir Mei 2018, Toyota Kirloskar Motor (TKM) telah mengirimkan lebih dari 4.000 unit Toyota Yaris ke dealer. Performa apik penjualan sedan ini telah membantu TKM membukukan pertumbuhan penjualan 20% selama Mei. Untuk model terlaris masih dipegang oleh Toyota Innova Crysta. [dp/TGH]