Hebat… Yamaha YZ250F Dilengkapi WiFi


LOS ANGELES (DP) – Tak cuma mobil yang punya aplikasi yang terhubung dengan smartphone, karena motor trail terbaru Yamaha, YZ250F, sudah dilengkapi WiFi untuk memudahkan setelan melalui smartphone.

Ini merupakan yang pertama sebuah motor trail entry-level dilengkapi teknologi kekinian abad ke-21. Apa saja yang baru untuk YZ250F model 2019 ini?

Menurut catatan Dirt Rider, motor perambah medan off road ini selain mengalami perubahan besar dari sisi desain, juga sudah menggunakan starter elektrik.

Selain itu, kerangka berbahan aluminium juga berdesain anyar berkesan modern, ditunjang dengan poros swingarm yang juga baru, selain juga engine mounting yang anyar untuk membuat titik bobot di tengah serta menambah rigiditas.

Untuk ketinggian tempat duduk diturunkan hingga 0,8 inci dan ground clearance turun 0,4 inci agar lebih mudah dikendalikan.

Dari segi bobot juga berkurang menjadi 106,141 kg, kemudian kapasitas tangki bahan bakar berkurang menjadi 6 liter, dari sebelumnya 7,5 liter.

Baca juga:  Dua Gaya Toyota Corolla Coba Goda Eropa

Dari sisi dapur pacu, Yamaha melakukan desain ulang total dan juga menggunakan sejumlah komponen baru, seperti kepala silinder, piston, dan profil cam. Hal itu untuk mengoptimalkan tenaga mesin. Tapi meski menggunakan banyak komponen baru, spesifikasi mesin tetap sama, meliputi silinder tunggal, empat langkah, 250cc, liquid-cooled block, transmisi 5 percepatan dan kopling basah multi plat.

Tak seperti YZ450F, motor YZ250F sudah dibenamkan onboard WiFi untuk dikoneksikan dengan aplikasi smartphone Power Tuner, yang pertama di kelas 250cc. Aplikasi ini terhubung pada Communication Control Unit (CCU), sehingga memudahkan pengendara untuk menyetel berbagai peranti pada motor hingga 16 setelan yang disesuaikan dengan keinginan sang pengendara. Bahkan setang setir juga bisa disetel posisinya dalam empat setelan berbeda.

Di Amerika, Yamaha YZ250F dipasarkan mulai Juni 2018, dengan dua pilihan warna, yaitu warna balap khas Team Yamaha, biru dan putih, atau putih. [dp/TGH]