Royal Enfield Pamerkan Tiga Motor Kustom di Prancis


PRANCIS  (DP) – Tampil perdana, Royal Enfield memperkenalkan tiga motor kustom dua silinder paling anyar di ajang Wheels and Waves 2018 berlangsung di Biarritz, Prancis.

Festival tahunan di Eropa ini merupakan salah satu acara yang paling ditunggu para pemggemar modifikasi sepeda motor. Pada pameran itu, Royal Enfield menampilkan tiga motor kustomnya yakni Lock StockRohini, dan The Interceptor berkolaborasi dengan bengkel kustom Young Guns Speed Shop dari Swiss serta Old Empire Motorcycles yang berbasis di Inggris, untuk mengerjakan dua konsep unik dari Continental GT 650 dan Interceptor 650.

Royal Enfield menjelaskan, ‘Lock Stock’ adalah motor kustom pertama yang memiliki dua smoking barrels setelah beberapa tahun didesain dan dibangun untuk menjelajahi kemungkinan terekstrim dalam modifikasi motor twin. Dengan menggunakan sasis baja bergaya drag race hasil kerjasama dengan ahli sasis legendaris Harris Performance yang memadukan gaya old-school.

Motor bercorak “Dazzle Camo” ini awalnya menggendong mesin 650cc, lalu diubah menjadi 865cc dengan suntikan nitrogen oleh S&S Cycles asal Amerika. Bodinya berbahan serat karbon dengan menggunakan jok single seater jok berbahan kulit memancarkan gairah dan sensibilitas desainer Royal Enfield.

Baca juga:  Ini Keunggulan Ban Corsa 'Dua Alam' Cross S

‘Rohini’ yang dimodifikasi oleh Young Guns Customs terinspirasi dari interpretasi mereka akan Royal Enfield, citra brand serta inspirasi dari program luar angkasa India dan satelit Rohini-nya. Rohini dikonsep dan didesain untuk menambahkan gairah muda pada nuansa nostalgia British yang telah melekat pada Continental GT 650.

Meski dimodifikasi, Continental GT 650 tetap mesin yang  asli, termasuk menjaga motif cat dan memperkuatnya dengan fairing yang super ramping dan melengkung dan dilengkapi dengan jok monokok (kulit). Walaupun dibangun dengan konsep café racer murni – mengikuti fairings.

Old Empire Motorcycle menjadi modifikasi yang cukup simpel pasalnya menghilangkan semua yang tidak diperlukan dan menyembunyikan bagian-bagian yang penting. Cat merah metalik menjadikan karakter motor yang bandel sangat terlihat, ditambah lagi posisi duduk rider membuat motor ini terlihat agresif.

Layaknya sebuah bagian dari teknologi, ‘The Interceptor’ tak lagi memiliki tanki bahan bakar dan kunci, melainkan mengintegrasikan keyless ignition dengan sarung tangan rider. [dp/ARB]