Kali Kuto Dikonstruksi Ulang, Rampung Akhir 2018 | dapurpacu.id

Kali Kuto Dikonstruksi Ulang, Rampung Akhir 2018


BATANG (DP) – Usai difungsikan sebagai Tol Fungsional pada jalur mudik dan balik Lebaran 2018 lalu, pembangunan Jembatan Kali Kuto di Grinsing, Batang, Jawa Tengah, kembali dilanjutkan.

Dalam proses lanjutan tersebut Kementerian Perhubungan dan pihak terkait berjanji akan mengonstruksi ulang usai dilalui para pemudik yang menuju wilayah tengah dan timur Pulau Jawa.

Seperti diketahui, Kementerian PUPR resmi membuka jembatan Kali Kuto secara fungsional pada ruas tol Batang-Semarang di H-2 sebelum Idul Fitri. Jembatan ini merupakan missing link dari Tol Trans Jawa sepanjang 760 km dari Jakarta hingga Surabaya.

Kalau tidak tersambung, rasanya kurang lengkap dan sempurna. Sore ini pukul 15.30 WIB kita buka dan sudah saya coba sendiri. Insyaallah aman,” kata Menteri PUPR usai prosesi pembukaan gerbang.

Usai membuka, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pun langsung menjajal kekuatan konstruksi dari jembatan itu dengan mengendarai sebuah dump truck seberat 16 ton untuk melintasi jembatan tersebut.

Baca juga:  Jasa Marga Prediksi Puncak Arus Mudik Masih Ada

Panjang dari jembatan Kali Kuto ini yaitu 164 meter dengan bentang utama jembatan sepanjang 100 meter dan jalan pendekatan di sisi timur dan barat yang masing-masing memiliki panjang 32 meter.

Berdasarkan laporan, usai jembatan ini difungsikan banyak kendaraan pemudik yang melewatinya, meski tergolong menjadi area kemacetan karena laju kendaraan tidak melebihi dari 40 km/jam.

Jembatan Kali Kuto sendiri dioperasikan secara fungsional dengan menggunakan struktur lantai plat baja yang memiliki ketebalan 2 cm serta ditopang dengan soaring dan cross grinder baja yang diikat oleh tali baja sejumlah 20 buah.

Jembatan ini juga dilengkapi dengan median barrier, pagar, rambu-rambu lalu lintas serta lampu penerang juga disiapkan petugas yang bisa mengarahkan para pengemudi dan pemudik yang melintas.

“Setelah arus mudik dan balik selesai, pengerjaan jembatan ini akan dilanjutkan kembali. Jembatan Kali Kuto dan tol Batang-Semarang kami targetkan rampung pada akhir tahun 2018,” tutup Menteri Basuki. [dp/MTH]