Suzuki Ertiga Baru Bakal ‘Berlayar’ ke 20 Negara


BALI (DP) – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengumumkan akan melakukan ekspor All New Ertiga ke sejumlah negara di seluruh dunia mulai September 2018. Target ekspor yang dicanangkan pun cukup fantastis.

Harold Donnel, Head of Product Development & Marketing Research PT SIS, mengungkapkan bahwa ada 20 negara yang menyatakan ketertarikannya untuk mendapatkan kiriman unit Ertiga generasi kedua ini.

“Negara-negara di kawasan Asia, Oseania, Amerika Selatan dan Karibia telah menyatakan ketertarikan pada All New Ertiga. Kami catat ada 20 negara yang siap kami kirimkan,” ujar Harold, di sela-sela test drive All New Ertiga di Bali, Kamis (28/6).

Namun dirinya mengakui bahwa unit-unit tersebut harus melalui serangkaian uji tipe, dan seluruhnya masih tentatif. Terkait target, Harold mengharapkan mampu mengirimkan All New Ertiga sebanyak 12 ribu unit hingga Maret 2019.

“Sekitar 12 ribu unit kami targetkan untuk ekspor, atau dengan kata lain 2.000 unit per bulannya,” yakin Harold.

Baca juga:  Konvoi Truk Bertampang 'Keren' Hebohkan Kota Jogja

Di sisi lain, dengan dilakukannya langkah ekspor tersebut sebagai bagian dari dukungan pada pemerintah, yang mewajibkan bagi produsen otomotif di Tanah Air melakukan ekspor mobil ke sejumlah negara di dunia.

Namun di balik itu, perlu adanya penyesuaian kinerja di pabrik Suzuki di Cikarang, di mana saat ini kapasitas produksinya telah mencapai 5.000 unit dan berjalan hanya untuk dua shift.

“Kapasitas produksi pabrik Cikarang sebanyak 5.000 unit, dan jumlah tersebut belum termasuk kuota untuk ekspor. Masih bisa kita tingkatkan lagi karena baru dua shift. Tentunya production line untuk pasar domestik dan ekspor pasti berbeda lah,” ucapnya lebih lanjut.

Pasar LMPV Naik Sejak All New Ertiga Hadir

Tak bisa dipungkiri, sejak kehadiran Ertiga generasi kedua ini, segmen low Multi Purpose Vehicle (MPV) tumbuh enam persen per Mei lalu. Di pasar ini sendiri, Ertiga ‘ditemani’ oleh sejumlah pemain lain yang cukup tangguh.

Baca juga:  Mobil Listrik Toyota Cuma Digowes Buat Isi Baterai

Harold pun mengklaim penjualan low MPV andalan terbarunya tersebut cukup membawa andil dalam pertumbuhan itu.

“Berdasarkan data yang dilansir Gaikindo, per Mei lalu performa penjualan Ertiga mampu mendongkrak market share Ertiga tumbuh 6 persen di segmen low MPV. Ini menarik karena pasarnya berkembang 30%,” tutup Harold. [dp/GTM]