Motor KTM Siap Dirakit di Indonesia


NEW DELHI (DP) – Bajaj Auto merencanakan untuk membangun pabrik di Indonesia yang dikhususkan untuk merakit sepeda motor merek KTM. Langkah ini sebagai antisipasi atas tingginya permintaan motor asal Austria itu yang diproduksi di India.

Jika pabrik KTM di Indonesia beroperasi, diharapkan dapat memenuhi permintaan ekspor untuk sepeda motor jenis sport dan adventure yang memiliki warna khas orange tersebut, demikian laporan dari Money Control.

Bajaj Auto saat ini memasarkan motor KTM tipe Duke 200, 250 dan RC 200, 250 serta RC 390 di Indonesia. Motor-motor tersebut didatangkan langsung ke Tanah Air dari India dalam bentuh utuh (completely built unit/CBU).

Dengan diproduksinya motor KTM di Indonesia, diharapkan harganya dapat dipangkas karena tak lagi kenakan bea masuk. Bajaj Auto saat ini tinggal menunggu persetujuan dari pemerintah Indonesia untuk memulai pembangunan pabrik perakitan beberapa model motor KTM.

Baca juga:  Bajaj Qute Siap Jadi Taksi di India, Bagaimana Indonesia?

Sebelumnya, Bajaj Auto telah memperbarui izin operasional untuk manufakturing, impor, dan bisnis. Pabrik perakitan itu sepertinya akan beroperasi sebelum berakhirnya tahun fiskal berjalan.

Ketika pabrik perakitan di Indonesia sudah bisa beroperasi, Bajaj Auto akan memproduksi motor KTM dalam bentuk terurai (CKD) di pabrik Chakan di India dan mengekspornya ke Indonesia untuk dirakit dan dipasarkan di Tanah Air.

KTM Duke/RC 200 mengusung mesin satu silinder berkapasitas 199,5 cc. Mesin berpendingin cairan ini dilengkapi fuel-injection yang mampu menghasilkan tenaga 24,6 bhp dan torsi 19,2 Nm melalui girboks 6 percepatan.

Sementara itu, KTM Duke/RC 250 mengusung mesin satu silinder 248,76 cc, fuel-injection dan berpendingin cairan yang sanggup menghela tenaga 29,6 bhp dan torsi 24 Nm melalui girboks 6 percepatan dengan kopling jenis slipper clutch.

Kemudian KTM RC 390 menggendong mesin 373,2 cc yang memiliki tenaga 43,5 bhp dan torsi 36 Nm. Mesin ini juga didukung transmisi 6 percepatan dengan kopling slipper clutch.

Baca juga:  Cara GIIAS Bikin 'Melek' Pengunjung Soal Teknologi

Untuk diketahui, KTM di India menjalin kerjasama kemitraan dengan pabrikan motor roda dua dan roda tiga, Bajaj Auto. Sebelumnya, Bajaj Auto juga menjalin kemitraan dengan Kawasaki, tapi kerjasama itu berakhir menyusul makin eratnya hubungan Bajaj dengan KTM. [dp/TGH]