Drama MotoGP di Assen Layaknya Balapan Moto3


ASSEN (DP) – Apa yang diungkapkan Marc Marquez dalam wawancara singkat setelah menjuarai Grand Prix Belanda bahwa balapan di Sirkuit Assen kali ini tak ubahnya seperti balapan di kelas Moto3.

Terbukti, keseruan terjadi bukan hanya setelah lampu tanda start menyala, tapi berlanjut hingga bendera finish dikibarkan ketika Marquez yang memacu Honda menyentuh garis finish pertama, dan empat pebalap di belakangnya saling kebut untuk mengisi posisi podium. Pemandangan seperti itu sering terlihat dalam balapan di kelas Moto3 atau Moto2, yang selalu diwarnai aksi saling susul di hampir sepanjang lomba.

Hasilnya, pebalap Suzuki asal Spanyol, Alex Rins, menjadi tercepat kedua dan rekan senegaranya yang membela tim Moviestar Yamaha, Maverick Vinales, menggenapi podium ketiga.

Duo pebalap Italia, yakni Andrea Dovizioso yang memacu Ducati serta andalan Yamaha, Valentino Rossi, harus puas masuk finish masing-masing di urutan keempat dan kelima.

Keseruan MotoGP Assen Belanda pastinya telah membuat jantung Anda berdegup keras sejak awal hingga lap akhir. Hal itu juga tergambar dari jarak antar pebalap yang tidak terlampau jauh di antara 15 pebalap terdepan.

Baca juga:  IIMS Motobike Expo 2019 Sudah Resmi Dibuka

Mengawali race, pebalap Ducati Jorge Lorenzo langsung bertarung dengan Marquez, disusul oleh Rossi, Dovizioso dan Vinales.

Sang pemilik pole position, Marquez, seakan tidak ingin melepaskan kesempatan di Assen. Apalagi ini adalah pole position pertamanya musim ini.

Sejak lap awal hingga akhir balapan, tujuh pebalap terdepan memberikan tontonan menarik dan menegangkan. Trek lurus Assen menjadi ajang pembuktian betapa kuatnya perfoma mesin Ducati, sementara tikungan Assen menjadi ajang pembuktian para pebalap memperlihatkan skill dan keberanian mereka.

Ada beberapa insiden menarik yang melibatkan para pebalap papan atas, yakni ketika motor Rossi menyundul buritan motor Lorenzo saat ingin melibas tikungan. Beruntung kedua mantan rekan setim itu tak mengalami crash. Kesempatan itu dimanfaatkan Marquez untuk merangsek ke posisi kedua.

Sepertiga akhir balapan, kehilangan konsentrasi membuat Rossi disusul oleh Dovizioso dan Rins. Kesempatan tersebut membuat Rins makin liar melibas tikungan hingga menempatkannya di posisi kedua. Tak lama berselang, posisi ini ditempati oleh Dovizioso. Walaupun satu pabrikan, baik Dovizioso maupun Lorenzo, yang berada di posisi terdepan, terus bertarung untuk menjadi yang terbaik.

Baca juga:  Tahun Depan Berubah Menjadi IIMS Motobike Show 2020

Usai dibalap Dovizioso, posisi Lorenzo secara perlahan terus melorot hingga berada di posisi ketujuh, dengan penggunaan ban depan lunak dan belakang keras. Posisi keempat membuat Marquez harus bertarung dengan Rins hingga bersenggolan dan membuat Rossi sempat memimpin di posisi pertama pada lima lap terakhir.

Namun, kesempatan itu tidak dimanfaatkan Rossi dengan baik, tak butuh waktu lama Marquez langsung memimpin balapan hingga akhir lap dengan diikuti oleh Rinz, Vinales, Dovizioso.

Benar-benar balapan penuh warna kali ini, yang terlihat dari jarak antarpebalap yang tidak jauh sehingga tiap lap selalu berganti posisi. Dalam race kali ini ada tiga pebalap yang tidak bisa melanjutkan lomba, yaitu Danilo Petrucci, Xavier Simeon dan Karel Abraham. [dp/ARB]

Berikut ini hasil MotoGP Assen Belanda pada Minggu (1/7/2018).

1. Marc Marquez Honda 41’13.863
2. Alex Rins Suzuki 2.269
3. Maverick Viñales Yamaha 2.308
4. Andrea Dovizioso Ducati 2.422
5. Valentino Rossi Yamaha 2.963
6. Cal Crutchlow Honda 3.876
7. Jorge Lorenzo Ducati 4.462
8. Johann Zarco Yamaha 7.001
9. Alvaro Bautista Ducati 7.541
10.Jack Miller Ducati 13.056
11.Andrea Iannone Suzuki 14.255
12.Pol Espargaro KTM 15.876
13.Aleix Espargaro Aprilia 15.986
14.Scott Redding Aprilia 16.019
15.Dani Pedrosa Honda 16.043
16.Tito Rabat Ducati 16.416
17.Bradley Smith KTM 29.073
18.Hafizh Syahrin Yamaha 33.824
19.Takaaki Nakagami Honda 34.037
20.Thomas Luthi Honda 47.853
Ret Danilo Petrucci Ducati 9 lap
Ret Xavier Simeon Ducati 9 lap
Ret Karel Abraham Ducati 15 lap