Cara BMW Motorrad Satukan Rider dan Motor Lewat Teknologi


JAKARTA (DP) – Pesatnya perkembangan teknologi di dunia otomotif, membuat pabrikan roda dua asal Jerman ini melakukan paduan antara kecanggihan teknologi dan kenyamanan berkendara. Kali ini BMW Motorrad menghadirkan Connectivity yang rencananya akan diaplikasikan di hampir semua lini model terkininya.

BMW Motorrad Connectivity merupakan fitur terbaru yang diracik oleh BMW Motorrad, berupa dashboard motor dengan layar Thin Film Transistor (TFT) berukuran 6,5 inci dan sarat fungsi.

Sejatinya, teknologi ini diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan rider saat berkendara, mulai dari seluruh informasi tentang kendaraan, navigasi berbasis smartphone, alat komunikasi, sampai media hiburan menjadi fitur utama Connectivity.

Multi-controller yang intuitif disematkan di handle-bar kiri guna melengkapi, ditambah alat pendengaran yang terkoneksi via Bluetooth. Kombinasi teknologi selengkap ini diklaim merupakan yang pertama di dunia yang digunakan pada motor.

Bicara tentang tampilan dashboard, layar TFT 6,5 inci ini di klaim memiliki kualitas yang sangat tinggi. Dibuktikan dengan mudahnya tampilan dilihat walau di bawah terik matahari. Ditambah tingkat kecerahan yang masih dapat diatur lagi.

Baca juga:  Mau Mudik Aman? Gerai Shop&Drive Berikan 11 Poin Pemeriksaan Loh!

Klaster instrumen memberikan informasi yang cepat dan jelas untuk pengendara. Menggabungkan tampilan data ‘klasik’ yang familiar seperti putaran mesin (rpm) dan speedometer, plus informasi canggih seperti mode pengendaraan, tekanan ban, sinyal smartphone, baterai smartphone, posisi gigi, suhu sekitar, penunjuk waktu, suhu mesin, sisa kilometer yang bisa ditempuh dengan isi bahan bakar yang ada, lama waktu perjalanan, jarak perjalanan dan masih banyak lagi.

Koneksi Bluetooth digunakan untuk menghubungkan berbagai peranti yang dibutuhkan. Contohnya antara smartphone ke dua helm (pengemudi & penumpang) yang tentunya sudah didukung dengan konektivitas Bluetooth.

Basis navigasi dari Connectivity ini harus menggunakan smartphone yang memiliki aplikasi BMW Motorrad Connected. Aplikasi ini dapat diunduh secara cuma-cuma melalui Apps Store (iOS) ataupun PlayStore (Android).

Lewat aplikasi ini juga, rider dapat merekam rute atau perjalanan secara otomatis menggunakan Global Positioning System (GPS). Tampilan instruksi sederhana di dashboard untuk memudahkan navigasi pengendara tanpa harus bingung dengan berbagai macam informasi. Dapat dibantu juga petunjuk suara apabila dibutuhkan.

Baca juga:  Usung Semangat 'Beyond Mobility', 40 Mobil Baru dan Konsep Ramaikan GIIAS 2018

Perlu diketahui, meski tidak menggunakan aplikasi tersebut, smartphone masih bisa dikoneksikan dengan Connectivity. Koleksi lagu yang ada di dalam smartphone dapat diputar dan tampil secara otomatis di dashboard. Mengbah track lagu bisa menggunakan multi-controller yang ada di handlebar.

Connectivity ini juga dipergunakan sebagai alat komunikasi. Seluruh list nomor telepon (phonebook) yang tersimpan di smartphone akan dapat di tampilan di layar dan dipilih secara intuitif, sehingga rider bisa dengan mudah melakukan panggilan keluar atau menerima panggilan masuk dengan menampilkan nomor telepon dan pemilik nomor telepon.

Intuitive Feature Control ini membuat semua fungsi yang ada dimiliki BMW Motorrad Connectivity menjadi lebih sederhana dan user-friendly.

Walau fitur-fitur canggih ini ditampilkan pada BMW Motorrad Connectivity, distraksi atau gangguan yang bersumber dari alat komunikasi maupun hal lainnya diminimkan, sehingga pandangan dan fokus pengendara lebih kepada jalan.

Baca juga:  Wuling Cortez CT dan Confero S ACT Melenggang di IIMS 2019

Ke depannya, semua varian dari BMW Motorrad akan dibenamkan fitur canggih yang satu ini. Sebagai awal yaitu model mid-size scooter C400X, R1200GS, R1200GS Adventure, F850GS dan F750GS. [dp/MTH]