Ronaldo Digosipkan Gabung Juventus, Pekerja Fiat Marah | dapurpacu.id

Ronaldo Digosipkan Gabung Juventus, Pekerja Fiat Marah


TURIN (DP) – Kedatangan mega bintang sepakbola ke sebuah klub sejatinya disambut gembira. Tapi yang terjadi pada Cristiano Ronaldo justru sebaliknya. Para pekerja di pabrikan mobil Fiat gusar dan kesal dengan rencana itu. Kenapa?

Alasannya tentu soal biaya untuk menggaji sang pemain terbaik dunia asal Portugal itu yang bikin kebanyakan pekerja Fiat, sebagai salah satu pemilik dan sponsor Juventus, marah karena akan banyak duit yang dihabiskan perusahaan untuk membayar Ronaldo.

Setelah Portugal tersingkir dari Piala Dunia 2018 oleh Uruguay, bintang Portugal dan Real Madrid itu dikaitkan dengan Juventus dengan biaya transfer mencapai €100 juta atau setara Rp1,6 triliun.

Perlu diketahui, Fiat saat ini memiliki 29,18% saham di bisnis keluarga Agnelli, yang menguasai 63,77% saham Juventus. Dan ketika mencuat kabar bahwa Fiat menawarkan gaji tahunan sebesar €30 juta atau Rp505 miliar kepada CR7, sontak membuat para pekerja Fiat meradang.

Menurut laporan Sport Mediaset, Fiat juga menawarkan Ronaldo sebagai brand ambassador, plus gaji besar tadi agar Ronaldo mau berlabuh di Turin, markas Juventus.

“Setelah Higuain, sekarang Cristiano Ronaldo juga,” kata Gerardo Giannone, seorang pekerja di pabrik Fiat di Pomigliano D’Arco.

“Ini memalukan. Para pekerja Fiat tidak pernah naik gaji selama 10 tahun. Dengan gaji Cristiano itu bisa untuk memberikan tambahan €200 (Rp3,3 juta) per bulan. Pendapatan kami telah tergerus inflasi 10,7% selama 10 tahun ini. Dan FCA (Fiat Chrysler Automobile) telah belanja €126 juta (Rp21,2 triliun) per tahun untuk sponsorship, dengan belanja €26,5 juta untuk Juventus.”

Jika Juventus dan Fiat membayar €100 juta untuk fee transfer, dan juga €120 juta untuk gaji Ronaldo selama empat tahun, itu setara dengan investasi besar senilai €220 juta. Mendatangkan Ronaldo diharapkan dapat mengangkat prestasi sang juara Liga Italia itu di ajang Liga Champions Eropa, gelar yang tak lagi mereka raih sejak musim 1995-1996.

Mungkin banyak dari pekerja di Fiat yang berharap Ronaldo urung berlabuh di Juventus. Tapi setelah tahu adanya rumah super mewah seluas 1.000 meter persegi yang kabarnya disewa untuk sang superstar di Turin, para pekerja itu hanya bisa mengelus dada. [dp/TGH]