Marquez Fokus Juara Dunia Ketimbang Cuma Menang di Sachsenring


SACHSENRING (DP) – Juara dunia MotoGP Marc Marquez akan lebih fokus untuk mengejar prospek mempertahankan gelar dibandingkan mengukir rekor kemenangan sembilan kali berturut-turut di Sachsenring, yang dihelat Minggu (15/7).

Perlu diketahui, pebalap Honda asal Spanyol itu belum pernah kalah saat berlaga di Grand Prix Jerman sejak naik ke kasta tertinggi balap motor pada 2013 silam, dan juga ketika masih membalap di kelas 125cc, yang juara pada 2010.

Saat ini Marquez memuncaki klasemen pebalap dengan keunggulan 41 poin atas Valentino Rossi menyusul kemenangan keempatnya dalam delapan seri yang sudah digelar musim ini. Kemenangan terbaru Marquez terjadi di Assen dua pekan lalu.

Dengan kondisi ini, Marquez ingin tetap memimpin klasemen hingga jeda musim panas. Namun ia juga menegaskan tak ingin mengambil risiko dalam mengejar kemenangan lagi di Sachsenring.

“Pada akhir tahun ini, tak ada orang yang ingat siapa yang juara di Sachsenring, tapi semua orang akan mengingat siapa yang menjadi juara dunia,” ucap Marquez.

Baca juga:  Yamaha vs Marquez, Hilangnya Horor Friday The 13 di Misano

“Mungkin besok, atau mungkin tahun depan, tapi yang pasti suatu hari nanti ada yang mengalahkan saya di sini (Sachsenring),” imbuhnya.

“Tapi yang terpenting adalah juara dunia, karena saat ini Rossi di posisi kedua, [Maverick] Vinales ketiga, jadi ini lebih penting ketimbang hanya memenangi balapan saat ini.”

Marquez merebut pole position pada balapan di Sachsenring dengan keunggulan hanya 0,025 detik dari pebalap penghuni posisi kedua, dan enam pebalap terdepan memiliki selisih waktu kurang dari dua persepuluh detik. [dp/TGH]