Hamilton Rayakan Kemenangan ke-6 di Sirkuit Hungaroring


HOCKENHEIM (DP) – Sejarah baru berhasil diukir Lewis Hamilton usai memenangkan Grand Prix Hungaria, Minggu (29/7). Ini menjadi kemenangan ke-6 pebalap asal Stevenage, Inggris tersebut. Dominasi jalannya balapan pun terus diraih oleh Hamilton, sejak bendera start dikibarkan.

Dalam perlombaan kali ini, Hamilton seperti ingin memberikan ‘pelajaran’ berarti bagi rival terdekatnya Sebastian Vettel. Yakni menjaga kondisi ban dengan hanya menerapkan strategi satu pitstop.

Mengisi posisi keempat saat start, Vettel memilih untuk menggunakan ban soft compound di tengah kondisi trek yang panas dan kering. Berkat strategi ini, ia pun berhasil membuntuti Hamilton di urutan kedua melewati rekan setimnya, Kimi Raikkonen dan Valtteri Bottas.

Padahal, Kimi dan Bottas mengemas lap-lap awal balapan dengan ban ultrasoft. Hamilton pun mampu membuat jarak cukup jauh dari Bottas sebelum ia masuk pit di lap 25, sehingga Vettel pun berhasil memimpin jalannya balapan.

Baca juga:  Tampilan dan Teknologi Anyar Ninja ZX-6R

Sejatinya, kecepatan SF71H tunggangan Vettel mampu menyamai laju kedua pebalap dari Mercedes tersebut. Sehingga dengan selisih waktu yang cukup Vettel pun masuk ke pit dan mengganti ban dengan tipe ultrasoft.

Sayangnya, karakter sirkuit Hungaroring yang tergolong sempit membuat laju Vettel sedikit terhambat sekitar empat detik jelang pit stop di akhir lap 39. Belum lagi ada kendala saat crew Ferrari mengalami kesulitan kala memasang ban depan bagian kiri. Alhasil, keluar dari pit, posisi pebalap asal Finlandia ini membuntuti Bottas yang 10 detik jaraknya dengan Hamilton.

Perburuan tempat kedua antara Bottas dan Vettel semakin seru. Kelihaian Vettel pun dibuktikan saat memasuki lima lap terakhir. Perjuangannya untuk menempati posisi kedua disudahi dengan berhasilnya ia di tikungan akhir, usai terjadi kontak ‘fisik’ dengan roda kiri belakang Vettel. Dengan kejadian ini, Bottas pun melebar dan membiarkan podium ketiga diisi oleh Kimi.

Baca juga:  Toro Rosso F1 Beruntung Punya Pebalap Eks Jagoan WEC

Hanya dua lap berselang setelah bentrokan dengan Vettel, Bottas pun kembali mengalami insiden lain, kali tini erjadi dengan Daniel Ricciardo. Saat itu, Ricciardo masuk tikungan 1 dari luar, tiba-tiba Bottas masuk dari dalam dan terjadilah kontak fisik di sana. Atas kejadian tersebut, steward menegaskan bakal menyelidikinya. Dan tim Mercedes pun langsung bereaksi agar Bottas membiarkan pebalap Red Bull itu melewatinya.

Dengan kemenangan ini, Hamilton pun siap menyongsong istirahat di musim panas dengan memimpin klasemen sementara, dengan keunggulan selisih poin 24 dari Vettel. Ini menjadi kemenangan Hamilton kelima musim ini dan ke 67 sepanjang karirnya di Formula 1.

“Terima kasih kepada tim dan pabrikan. Akhir pekan yang berat tetapi kami mampu mendapatkan beberapa pon bagus,” ujar Hamilton usai balapan. [Dp/MTH]

Berikut hasil race di Hungaria:
1. Lewis Hamilton/ Mercedes
2. Sebastian Vettel/Ferrari
3. Kimi Raikkonen/Ferrari
4. Daniel Ricciardo Red Bull/Renault
5. Valtteri Bottas/Mercedes
6. Pierre Gasly Toro Rosso/Honda
7. Kevin Magnussen Haas/Ferrari
8. Fernando Alonso Mclaren/Renault
9. Carlos Sainz/Renault
10. Romain Grosjean Haas/Ferrari