Putra Kalsel Ini Siap Berlaga di Final Lomba Irit Truk Dunia


JAKARTA (DP) – Supir truk asal Kalimantan Selatan, Rivaldi, bakal mewakili Indonesia pada final kejuaraan dunia Volvo Challenge di Gothenburg, Swedia, 13-14 September 2018. Keberhasilannya ini usai menumbangkan tujuh finalis lain di ajang Volvo Trucks Driver’s Challenge.

Rivaldi dinobatkan sebagai pengemudi truk terbaik dengan pencapaiannya di bidang efisiensi bahan bakar, keselamatan, dan keterampilan manuver saat mengendarai truk berukuran besar.

Berdasarkan pengujian di kawasan Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Kamis (26/7) lalu, Rivaldi mampu memperoleh skor kombinasi tertinggi di kategori on-road maupun off-road.

Bambang Prijono, CEO PT Wahana Inti Selaras (Indomobil Group), sebagai importir Volvo Truck di Indonesia, mengatakan kompetisi ini merupakan simulasi dari tantangan kerja sehari-hari bagi pengemudi.

“Oleh karena itu, kami menambahkan beberapa elemen baru untuk menyegarkan kompetisi ini. Kedelapan pengemudi ini harus menyetir Volvo FM370 (on road) dan Volvo FMX400 (off road) menempuh perjalanan sejauh 7 km, dengan misi mencapai 5 pos pemeriksaan dalam waktu 45 menit,” kata Bambang dalam keterangan resminya.

Baca juga:  Posisi Fitra Eri Makin Kokoh di Ajang HJSC 2018

“Untuk memenangkan kompetisi ini, para pengemudi harus menyetir dalam kondisi sangat terencana, memahami segala kondisi yang bisa atau mungkin mereka temui dengan cara paling hemat bahan bakar,” ujarnya lebih lanjut.

Di sisi lain, Managing Director Volvo Trucks Indonesia, Jurn Terpstra, mengatakan di ajang bertemakan ‘The Driver Makes the Difference’ ini, pihaknya ingin mengangkat pentingnya peran pengemudi truk yang terampil untuk memajukan perusahaan.

“Ini penting bagi pemilik truk-truk kami, karena teknik mengemudi yang efisien akan berdampak langsung pada keuntungan mereka,” tambah Terpstra.

Sementara itu, Rivaldi yang akan berkompetisi di Swedia tidak menyangka akan memenangi kompetisi di Indonesia dan ia akan berlatih keras untuk mendapatkan posisi terbaik pada kejuaraan dunia itu.

“Saya tidak percaya bisa memenangkan kompetisi ini. Memang pada dasarnya saya selalu sadar untuk tidak sembarangan saat menggunakan bahan bakar dan saya senang ternyata kebiasaan ini banyak manfaatnya,” pungkas Rivaldi. [dp/MTH]