BMW Motorrad Hadirkan Motor ‘Bungsu’ Adventure di GIIAS 2018


TANGERANG (DP) – PT Maxindo Moto Nusantara, agen pemegang merk (APM) BMW Motorrad di Indonesia, memperpanjang lini produk adventure-nya dengan merilis F 850 GS, di ajang GIIAS 2018. Motor ini akan menemani lini produk penjelajah lainnya yang telah meluncur terlebih dulu.

Model anyar ini dibekali karakter yang sama dengan R 1200 GS, tapi dilengkapi dengan mesin berkapasitas lebih kecil. Kehadiran motor ini ditujukan untuk menarik riders baru, atau yang baru saja kembali riding.

BMW Motorrad Indonesia tercatat telah menghadirkan tiga produk motor petualang, masing-masing yaitu G 310 GS, R 1200 GS dan R 1200 GS Adventure. Sayangnya, kemunculan F 850 GS tidak diiringi dengan ‘rekanannya’ F 750 GS, yang diluncurkan berbarengan saat pameran EICMA tahun lalu.

“Keduanya baru meluncur dan mulai didistribusikan di Eropa Mei 2018. Dan kita baru merilis produk ini. Seperti diketahui BMW memang fokus di Eropa dulu baru kemudian ke pasar yang lain,” kata Joe Frans, CEO PT Maxindo Moto, di sela-sela peluncuran, Kamis.

Baca juga:  Petualangan 'Magical Kolaka Adventure' Berakhir di Situs Sejarah Peninggalan Jepang

Secara desain pun BMW F 850 GS memiliki garis yang sama dengan R 1200 GS. Mulai dari lampu depan, bentuk tangki bahan bakar, hingga ke buritan yang dibekali case holder untuk box. Tak hanya itu, semua fitur yang ada pada R 1200 GS juga ‘diturunkan’ pada F 850 GS oleh BMW.

Sebut saja lampu depan dan belakang yang sudah dilengkapi LED, rem ABS Pro, layar TFT berukuran 6,5 inci untuk menampilkan tacho dan speedometer, mengakses musik dari smartphone, fitur GPS, hingga melakukan panggilan telepon.

Beberapa teknologi canggih pembantu berkendara juga disematkan, meliputi DTC Pro, Dynamic ESA, Anti-hoping Clutch, serta Shift Assist Pro untuk perpindahan transmisi tanpa harus menekan tuas kopling.

Tak kalah menarik, turut pula disematkan lima mode pengendaraan yaitu Rain, Road, Dynamic, Enduro dan Enduro Pro, teknologi Connectivity. Khas sebuah motor petualangan didapatkan pada motor ini melalui dipasangkannya velg jari-jari dan aplikasi ban pacul.

Baca juga:  Petualangan 'Magical Kolaka Adventure' Berakhir di Situs Sejarah Peninggalan Jepang

Berbeda dengan BMW GS tipe ‘R’, tipe ‘F’ pada 850 GS tidak disematkan mesin boxer melainkan mesin paralel 2-silinder. F 850 GS mengusung mesin 853 cc dua silinder, dengan teknologi electronic injection.

Kolaborasi tersebut menghasilkan tenaga 95 hp dengan torsi 92 Nm pada putaran 6.250 rpm. Mesin tipe ini diklaim lebih mudah dijinakkan. Cocok untuk para petualang yang ingin motor lebih fleksibel namun punya kemampuan sama seperti model flagship BMW R1200 GS yang sudah melegenda.

“Kami membanderol F850 GS seharga Rp 549 juta off the road. Bagi yang melakukan inden selama pameran ini kami berikan harga khusus Rp 538 juta off,” pungkas Joe Frans.

BMW F850 GS baru akan tiba di Tanah Air paling cepat pada Desember mendatang. [dp/MTH]