Crossover Listrik Keren Nissan Ini Meluncur 2 Tahun Lagi


TOKYO (DP) – Nissan pada ajang Tokyo Motor Show 2017 lalu memperkenalkan sebuah mobil konsep bernama IMx. Seiring waktu, kini muncul spekulasi bahwa kendaraan konsep tersebut akan berwujud crossover bertenaga listrik.

Apalagi sebelumnya raksasa otomotif Jepang ini membenarkan mereka akan memproduksi model CUV bertenaga listrik. Jadi, bisa saja konsep IMx itulah yang akan menjadi cikal bakal crossover anyar Nissan yang mengadopsi teknologi listrik.

Kepada Indian Autos Blog, kepala desain global Nissan, Alfonso Albaisa, mengatakan mobil listrik versi produksi itu memang akan berbasiskan pada IMx. hanya saja, untuk versi produksinya kemungkinan baru akan hadir sekitar dua tahun mendatang.

Untuk bocoran spesifikasi detailnya memang belum diungkap, tapi yang jelas model crossover itu akan menggunakan platform anyar yang dipakai Leaf generasi kedua.

Tak banyak memberikan informasi, Albaisa hanya menyebutkan crossover listrik versi produksi itu akan menggunakan sejumlah elemen yang sama dengan yang ada pada konsep IMx. Cuma Albaisa menampik kemungkinan atap kaca pada versi konsep akan diterapkan pada versi produksi.

Baca juga:  Aneh, Iklan VW Kok Malah Promosikan Chevrolet Bolt

menurut dia, dengan menggunakan platform yang sama dengan new Leaf, berarti IMx versi produksi akan memiliki ruang kokpit yang lapang serta berlantai rata tanpa ada ‘lorong’ untuk transmisi.

Konsep IMx memiliki baterai berkapasitas tinggi demi menghasilkan densitas energi puncak, sedangkan tenaganya diklaim mencapai 430 Hp dan torsi 516 pound-feet. Albaisa mengatakan IMx versi produksi akan memiliki torsi puncak setara GT-R.

Karena crossover listrik ini baru akan dirilis sekitar dua tahun ke depan, kemungkinan Nissan akan fokus dulu meningkatkan performa Leaf sebelum dicangkokkan pada IMx versi produksi. [dp/TGH]