‘Gelar’ Racing Sport Entry Hatchback Patut Disematkan Pada Ayla Turbo


TANGERANG (DP) – Daihatsu Ayla Turbo Concept dapat dikatakan produk revolusioner yang diusung PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, yang berlangsung di ICE – BSD, Tangerang, 2-12 Agustus.

Kemunculannya pun tergolong disambut positif dan cukup menyita perhatian pengunjung yang mampir ke booth Daihatsu, khususnya pecinta dan komunitas otomotif, sekaligus para modifikator.

Didaulat sebagai Racing Sport Entry Hatchback, kehadirannya disinyalir menjadi ‘gong’ kebangkitan Ayla yang mengisi segmen produk low cost green car (LCGC) di Tanah Air.

Berbasiskan Ayla berkapasitas mesin 1.200 cc, tim Research & Development Daihatsu Indonesia terjun langsung untuk merancang dan membangun mobil ini. Penampilannya pun terbilang sebagai world premiere atau pertama di dunia.

R&D Executive Officer PT Astra Daihatsu Motor, Pradipto Sugondo, menyebutkan sebagai produsen mobil compact di tingkat global, Daihatsu selalu konsisten mengembangkan dan menampilkan mobil konsep.

Baca juga:  Head Unit 'Anti Kenob' Kini Terpasang di Daihatsu Sigra Facelift

“Kali ini, di ajang pameran GIIAS 2018, kami membawa mobil konsep Ayla Turbo. Kami berharap, mobil konsep ini dapat menjadi inspirasi bagi industri otomotif Tanah Air dan menunjukkan kemampuan R&D Daihatsu,” ujar Pradipto.

Ayla Turbo Concept merupakan bagian dari tren Turbo Aspirated yang mendunia, yang dirancang untuk menunjukkan transformasi city car yang praktis dan spacious, menjadi mobil yang sporty dan racy.

Dengan mengusung konsep Thrilling Simplicity, setiap garis desain, bentuk, dan permukaan Ayla Turbo diperhitungkan dengan baik, sehingga memiliki performa yang lebih optimal berkat dipasangkannya turbocharger.

Di sisi lain, amunisi dua VVT-i semakin lengkap dengan Low Compression Piston. Tenaga yang dihasilkan mampu mencapai 200 PS dengan berbagai ubahan pada mesin.

Namun tetap pada ‘platform’nya sebagai mobil yang irit bahan bakar, dengan emisi gas buang yang semakin baik. Ayla Turbo juga disematkan sistem pendinginan yang dilengkapi dengan oil cooler untuk menghindari suhu pelumas yang terlalu panas.

Baca juga:  Tampil Makin Fresh, New Sigra Naik Rp1,5 juta

Secara tampilan, aura mobil balap tertera jelas dari fisiknya yang mengusung konsep Racing Sport. Makin dipertegas dengan penggunaan velg berdiameter 15 inci plus ban tipis.

Tongkrongannya yang dirancang rendah serta penggunaan suspensi depan dan belakang yang dibuat lebih rigid, mampu meningkatkan handling yang mumpuni dan mencegah terjadinya body roll.

Ubahan paling jelas dari fascia depan, tampak dari kisi-kisi udara diperlebar dibandingkan model standar. Tim R&D Daihatsu melakukan ini untuk memberikan akses yang luas mengalirkan asupan udara ke mesin.

Begitu pun dengan bumper depan bagian sisi kiri dan kanan yang lazim ditempatkan untuk foglamp, dirancang ulang untuk memberikan aliran angin lebih deras ke sistem pengeremannya.

Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra, mengaku bahwa Ayla Turbo menjadi salah satu cara Daihatsu menunjukkan kepada pemakai Ayla bahwa produk LCGC ini bisa dimodifikasi mesinnya.

Baca juga:  New Daihatsu Sigra Katanya Naik Rp 3 Juta, Konsumen Dapatnya Apa?

“Ini untuk inspirasi saja. Tidak dijual, kami hanya mau kasih contoh saja tentang engine yang bisa dimodifikasi,” pungkas Amelia.[dp/MTH]