Tata Jelajah Pasar Nusantara 2018, Tempuh Jarak 2939,7 km


TANGERANG (DP) – Perjalanan Tata Super Ace HT 1400 cc diesel dan Pikap Tata Xenon HD 3000 cc diesel yang ditemani Tata Xenon Double Cabin (DC) 4×4 menyelesaikan misi  Tata Jelajah Pasar Nusantara 2018. Aksi unjuk performa dan daya tahan kendaraan Tata Motors dengan jarak tempuh sejauh 2.939,7 km dari Aceh hingga Jakarta.

Tata Jelajah Pasar Nusantara 2018 juga mengampanyekan peran pasar  tradisional yang ada di Indonesia mulai dari ujung Aceh sampai Lampung. Banyak cerita dan pengalaman perjalanan dari Tata JPN 2018 yang menarik dan layak dibagi kepada masyarakat Indonesia.

Target lintasi 7 pasar tradisional di Sumatera yang menjadi sandaran kesejahteraan bagi para pedagang  dan merupakan sentra kebutuhan masyarakat di tiap propinsi telah berhasil dilintasi dan diajak bercengkerama oleh team Tata JPN 2018.

Team Tata JPN 2018 terdiri dari Senior Jurnalis bidang otomotif yang masih aktif dan tidak aktif, atau telah menjadi professional trainer safety driving dan konsultan ahli ekspedisi kendaraan jarak jauh, termaksud driver kendaraan niaga profesional dengan jam terbang di atas 20 tahun.

Baca juga:  Alat Anti Ngantuk Ini Cocok Buat Temani Mudik

Selama hampir 20 hari perjalanan serta menghabiskan bahan bakar sebanyak  182,2 liter, Team Tata JPN 2018 kembali dengan selamat sampai Jakarta.

Begitu juga dengan kendaraan yang mereka gunakan, semua normal tidak ada yang rusak dan kendor dari baut-baut kendaraan. Sepanjang perjalanan, tim Tata JPN 2018 kerap berpapasan dengan kendaraan Tata Motor baik yang telah menjadi bus, angkot, dan transportasi angkut barang dan hasil bumi.

Di Aceh tim menemukan banyak minibus Tata sebagai angkutan kota. Di Tanjung Enim tim menemukan Tata Super Ace HT baru keluar dari perkebunan sawit. Di Binjai kami terkejut karena bus Tata dijadikan bus Trans Binjai.

Di ujung perjalanan di Labuhan Maringgai tim memergoki satu unit Tata Super Ace sedang bongkar muat hasil tangkapan nelayan. Tim Tata JPN 2018 juga menemukan begitu banyak variabel kehidupan selama ekspedisi ini.

Baca juga:  Ekonomi China 'Ngos-ngosan', Impor Mobil Bakal Anjlok

Perjuangan melawan lelah dan bosan, keberanian menempuh jalur ganas sumatera, ujian kesabaran yang hakiki karena kendaraan niaga bukan kendaraan penumpang mewah, hingga nikmatnya bercengkerama dengan kekayaan alam Indonesia terhampar nyata di perjalanan ini.,yang sanggup menghapus lelah seluruh anggota tim.

Seluruh tim Tata JPN 2018 bangga karena telah menjadi bagian sejarah orang-orang yang melintasi jalur Lintas Timur , sebuah jalur Pasar Nusantara dan jalur perdagangan dengan kendaraan pikap. Bukan SUV dan MPV terbaru yang mewah. Perjalanan ini membuat kami lebih merasa Indonesia.

Tim JPN 2018 mempersembahkan perjalanan ini untuk Indonesia yang akan merayakan Dirgahayu Kemerdekaannya pada 17 Agustus 2018. Sekaligus tim berharap, semangat pesan perjalanan ini sampai kepada generasi milenial. Agar milenial berkunjung ke Pasar Tradisional. Berinteraksi dan menikmati pemandangan pasar Nusantara yang penuh dengan hasil bumi Indonesia yang kaya dan indah ini.[dp/RO]