Galang Dana Amal, Duo Inggris Ini Kendarai Toyota Yaris Lawas ke Tokyo | dapurpacu.id

Galang Dana Amal, Duo Inggris Ini Kendarai Toyota Yaris Lawas ke Tokyo


LONDON (DP) – Ada beragam cara dilakukan demi membantu mereka yang membutuhkan. Dua pria Inggris ini bahkan rela mencari dana amal dengan mengendarai Toyota Yaris lama dari Inggris hingga ke Jepang.

Duo pemberani itu adalah Dan Handley dan Dave Brooks. Keduanya merelakan waktu dan jiwa mereka untuk mengumpulkan uang sumbangan dari sejumlah negara yang dilintasi hingga ke Tokyo, Jepang.

Dibilang pemberani, selain tak takut melintasi berbagai negara dengan beragam jenis medan, mobil yang dikendarai juga bukan mobil jenis SUV atau pick up bongsor yang dikenal mumpuni melibas berbagai rintangan. Mobil yang mereka pilih justru mobil lawas buatan 2002, yakni Toyota Yaris.

Rencananya, Dan dan Dave akan memulai perjalanan marathon mereka pada Minggu (12/8) waktu setempat dengan menempuh jarak sekitar 20.000 km. Perjalanan akan dimulai dari kota Cambridgeshire menuju Jepang. Dan dan Dave akan melintasi 20 negara berbeda sebelum sampai di Tokyo.

Mereka berharap spirit petualangan mereka dapat membantu mendapatkan dana untuk keperluan anak-anak yang dikelola oleh BBC melalui program TV bernama BBC Children in Need.

Baik Dan maupun Dave sama-sama penyuka mobil dan kebetulan mereka juga bekerja di perusahaan yang mengoprek performa Toyota, yakni Fensport Performance di Chatteris, Inggris.

Untuk petualangan barunya yang melaju perjalanan lintas benua ini merupakan ambisi lama mereka. Mereka sengaja memilih Yaris, karena mereka sangat paham dengan karakter dan kemampuan hatchback ini. Selain itu, Yaris dikenal bandel dan mudah diperbaiki bila mengalami masalah di jalan.

Yaris yang diajak ‘jalan-jalan’ panjang ini juga bukan model keluaran terbaru, melainkan hatchback 5 pintu yang sudah berusia 16 tahun. Mobil bermesin 1.500cc itu pun dibeli hanya seharga £1.000 atau sekitar Rp18,4 juta, dan uang untuk pembelian mobil disumbang oleh dealer Steven Eagell Toyota.

Berkat keahlian dalam mengutak-atik mobil, khususnya Toyota, Dan dan Dave pun memodifikasi Yaris uzur itu agar lebih siap dan fungsional dalam menunjang program amal mereka. Yaris hasil modifikasi itu layaknya rumah berjalan, karena semua peralatan untuk tidur, makan dan lainnya ada di dalam mobil, seperti tenda untuk tidur di suatu tempat dan peralatan masak. Sesekali mereka juga beristirahat di hostel.

Untuk start pada 12 Agustus ini, Dan dan Dave langsung menyeberang ke Eropa menuju Turki. Setelah itu mereka melewati beberapa negara di Eropa selama delapan pekan sebelum sampai ke pelabuhan Vladivostok di Rusia. Dari sana, mereka akan menggunakan kapal ferry menuju Jepang via Korea Selatan.

Jika semua berjalan sesuai rencana, duo Inggris itu akan tiba di Tokyo pada 5 Oktober, dan berada di Ibu Kota Jepang itu selama sepekan sebelum kembali ke Inggris dengan menggunakan pesawat terbang. Sedangkan mobil Yaris mereka akan diangkut dengan kapal ke Inggris. Sebuah perjuangan dan wujud keikhlasan mereka demi meringankan penderitaan sesama. [dp/TGH]