Kirab Obor Asian Games 2018 Bakal Dikawal 250 Vespa se-Jabodetabek


JAKARTA (DP) – Gegap gempita perhelatan akbar olahraga se-Asia, Asian Games 2018 di Indonesia, disambut meriah oleh berbagai kalangan masyarakat. Untuk kali ke-18 ini, Jakarta dan Palembang didaulat menjadi ‘tuan rumah’ sebagai tempat penyelennggaraan 40 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Antusiasme berbagai lapisan masyarakat untuk memeriahkan serta menyukseskan ajang tersebut, juga dirasakan beragam komunitas otomotif. Salah satunya datang dari pemilik dan penggemar skuter Vespa.

Adalah komunitas iVespa Indonesia. Wadah dari pemilik Vespa matik modern beranggotakan ratusan dan tersebar di Jakarta ini terpanggil untuk memeriahkan kegiatan akbar tersebut.

Sebagai wujudnya, i-Vespa mengajukan diri untuk turut terlibat menjadi bagian dari sejarah Asian Games ke-18. Koordinasi demi kordinasi dilakukan dengan pihak DISPORA Pemprov DKI selaku tuan rumah dan INASGOC sebagai panitia Nasional penyelenggara.

Melalui persetujuan dari Panitia INASGOC dan rekomendasi dari DISPORA Pengprov DKI Jakarta, Pengurus iVespa Indonesia kemudian membentuk Vespa Community Comite dan memilih tim dari berbagai anggota dan pengurus klub/komunitas Vespa lainnya.

Dari situ dibentuklah kolaborasi komite kepanitian dari 17 Klub/Komunitas motor Vespa sebagai sukarelawan dalam satu wadah yang diberi nama ‘Vespa Volunteers – Torch Relay Asian Games 2018’.

Yanto Herlambang, ketua pelaksana Torch Relay Vespa Community Committee for Asian Games 2018, mengatakan pihaknya berinisiatif untuk menggandeng klub dan komunitas Vespa lainnya yang ada di Jakarta, mendapat tanggapan positif.

“Komunitas penghobi skuter Vespa di seluruh wilayah Jakarta bahkan Bogor, siap mengawal dan menjadi bagian formasi pengiring obor Asian Games keliling Jakarta,” kata Yanto dalam keterangan tertulisnya, Senin (13/8).

Ke 17 komunitas vespa yang turut berpartisipasi yaitu IVespa Indonesia (Koordinator acara), GTVS, Prapanca, BBC, Piaggio Lovers, On The Way, Scooter Bee, Velors, Stenbeii, Owner Club 946, Vespa Selatan, Vespa Tebet Society, Hore Scooter, Kutu Community, SMA 6 Vespa Club, Vespa Escape, dan Vespa Ranger.

Adapun untuk rute pengiringan obor/Torch Relay dilaksanakan pada 15-16 Agustus, dibagi menjadi 4 area yaitu Jakarta utara, Jakarta timur, Jakarta selatan, dan Jakarta Pusat-Barat. Dijadwalkan sekitar 250 skutik Vespa matic bakal meramaikan even ini.

Kirab obor Asian Games 2018 dilakukan pada esok hari, Rabu (15/8) di Jakarta, dimulai dari kawasan Cililitan menuju Taman Mini Indonesia Indah. Lalu bergerak ke daerah Condet (Rindam), Ragunan dan berhenti sejenak di Pejaten Village. Lantas api akan dibawa menggunakan bis menuju ke Monumen Nasional.

Kamis (16/8), kirab obor akan dimulai lagi dari Mesjid Raya Kemayoran, melewati Monumen Nasional, menuju Tanah Sereal, Kota Tua hingga Kali Jodo dan berakhir di Danau Sunter.

“Nantinya 250 skutik akan disebar di lima wilayah Jakarta yang akan dilintasi kirab obor, masing-masing wilayah akan ada 50 skutik yang terdiri dari 20 Vespa berwarna merah dan putih dan 30 Vespa beragam warna yang siap mengawal,” pungkas Arief ‘Tobler’ Ramdani, salah satu penanggungjawab acara. [dp/MTH]