Duesenberg SSJ, Mobil Vintage Amerika Termahal yang Terjual Via Lelang


LOS ANGELES – Mobil lawas lansiran 1935, Duesenberg SSJ, telah terjual senilai $22 juta (sekitar Rp321 miliar), yang membuat mobil vintage ini tak hanya sebagai mobil buatan Amerika termahal yang terjual melalui lelang, tapi juga mobil pra Perang Dunia termahal yang berhasil terjual.

Proses lelang dilakukan oleh rumah lelang Gooding & Co di sela ajang Monterey Car Week di California, pekan lalu. Tingginya harga lelang lebih disebabkan oleh serunya aksi saling tawar oleh dua peserta lelang.

Rekor harga lelang tertinggi untuk sebuah mobil Amerika sebelumnya dipegang oleh Shelby Cobra edisi perdana, yang terjual $13.750.000 dalam lelang yang digelar RM Auctions pada 2016.

Untuk mobil yang berhasil terlelang ini adalah salah satu dari hanya dua Duesenberg SSJ yang pernah dibuat, dan dibangun dengan wheelbase diperpendek 125 inci. Kedua Duesenberg SSJ ini (sasis J-563) dimiliki aktor legendaris Gary Cooper dan satu lagi (sasis J-567) kepunyaan superstar Hollywood Clark Gable.

Baca juga:  Resmi Diperkenalkan, PCX Electric Cuma Bisa Disewa

Gary Cooper dikenal sebagai aktor yang sangat menyukai mobil cepat. SSJ merupakan mobil yang sempurna bagi dirinya, karena mobil tersebut memiliki mesin supercharged twin-cam inline 8 silinder bertenaga 400 bhp, atau 80 bhp lebih besar ketimbang Duesenberg SJ standar.

Setelah dimiliki Gary Cooper, SSJ berpindah tangan ke beberapa orang penting di California, mulai dari miliuner berusia 20 tahun di Los Angeles hingga ke tangan desainer industri di San Francisco.

Pada 1949, SSJ tersebut dibeli oleh kolektor bernama D Cameron Peck asal Illinois., yang kemudian melepas SSJ itu ke kolektor lainnya, yakni Briggs Swift Cunningham. Bahkan mobil ini sempat menjadi bintang di museum milik Briggs Cunningham di Costa Mesa, California, selama beberapa tahun.

Kemudian pada 31 Desember 1986, Miles Collier membeli koleksi Briggs Cunningham itu. Cunningham merupakan teman dekat dari keluarga Collier. SSJ juga sempat menjadi pusat perhatian dari sejumlah koleksi Collier di Naples, Florida, selama puluhan tahun.

Baca juga:  Sesuai Target, Jembatan Kali Kuto Dibuka Fungsional Mulai Hari Ini

Adapun hasil lelang ini akan digunakan Collier untuk mendukung misinya untuk generasi mendatang, dan juga agar dunia tahu bahwa otomotif merupakan penemuan paling penting dari Amerika. [dp/TGH]