Honda CR-V Siap Lawan Nissan X-Trail dan Toyota RAV4 di Jepang | dapurpacu.id

Honda CR-V Siap Lawan Nissan X-Trail dan Toyota RAV4 di Jepang


TOKYO (DP) – Honda Motor Co. akan mengembalikan CR-V ke pasar Jepang mulai pekan ini setelah absen selama dua tahun. Ini sebagai upaya Honda untuk mengalihkan perhatian konsumen dari Nissan X-Trail dan Toyota RAV4 yang segera hadir di Negeri Sakura.

Sebagai produk global, Honda menargetkan penjualan C-RV sebanyak 1.200 unit per bulan, kata Takaaki Nagadome, sosok yang ikut yang mengembangkan new CR-V, seperti dikutip Nikkei.

Honda telah menghentikan penjualan SUV populer itu di Jepang pada 2016, dengan bertaruh pada Vezel yang diharapkan dapat memenuhi tingginya minat konsumen terhadap SUV kompak.

Tapi ternyata Honda salah langkah dalam pertaruhan itu, karena meski konsumen Jepang suka dengan mobil ukuran kecil dan kompak, tapi tren meningkatnya permintaan atas C-RV di AS hingga China, ternyata juga dilihat bakal menjalar ke Jepang.

Penjualan SUV seukuran C-RV mampu melampaui 500.000 unit untuk pertama kalinya tahun lalu, dengan penjualan model-model seperti Nissan X-Trail melampaui ekspektasi Honda, ujar Nagadome.

Baca juga:  Pemenang Honda Community E-Sport National Mobile Legends

“Misi New CR-V adalah untuk ‘mencuri’ perhatian konsumen dari Nissan X-Trail, Subaru Forester, dan calon pendatang baru Toyota RAV4,” ungkap Tatsuo Yoshida, analis senior di Sawakami Asset Management Inc. “Model ini dapat menjaring pengguna Vezel yang ingin naik kelas.”

Honda mempertaruhkan tiga varian CR-V yang akan dipasarkan di Jepang, yakni bensin, hybrid dan varian tiga baris tempat duduk, akan dapat membantu memulihkan permintaan dari konsumen non-minicar, yang penjualan secara domestik turun 5 persen tahun ini hingga Juli.

Sebagai perbandingan, mobil Honda dengan volume mesin 0,66 liter (kei car), mencatat pertumbuhan 9 persen pada periode yang sama.

Di bawah Presiden Takahiro Hachigo, Honda menyusun strategi untuk fokus pada model-model kendaraan yang spesifik dengan negara tujuan. Tahun lalu, Honda memperkenalkan kembali Civic ke Jepang setelah absen selama enam tahun. [dp/TGH]