Fitur Tambahan New Countryman Ini Tidak Ada Pada Versi CBU


JAKARTA (DP) – Akhirnya, fasilitas perakitan MINI di BMW Group Production Network 2, PT Gaya Motor, Sunter, Jakarta Utara, menuntaskan gelombang pertama dari produksi New Countryman hasil garapan anak bangsa, Kamis (6/9).

Pada batch pertama ini, dua varian mobil mungil tersebut diluncurkan yaitu New Cooper Countryman dan New Cooper S Countryman Sports. Serangkaian fitur baru disematkan, yang membuat MINI rakitan lokal itu berbeda dari versi impor (CBU).

Tak hanya itu, beragam inovasi dalam hal tata ruang, fungsi, desain, dan karakteristik premium khas mobil-mobil lansiran Jerman pun disusupkan, guna memberikan kenyamanan bagi penghuninya kelak.

Kidd Yam, Head of MINI Asia, yang turut hadir dalam acara tersebut mengakui bahwa MINI rakitan lokal ini berbeda dengan versi CBU dimana sejumlah fitur baru dipasangkan ke dalam mobil ini.

“Diantaranya John Cooper Works Aerodynamic Kit, MINI Head-Up Display, Parking Assistant dengan rear-view camera, Harman Kardon 12-Loudspeaker HiFi System, dan John Cooper Works Course Velg 19 Inci Spoke 2-Tone untuk memperkuat nuansa sporty,” jelasnya.

New Countryman ‘lansiran’ Sunter ini menawarkan fleksibilitas, dan kelincahan, dengan menampilkan desain MINI yang proporsional serta unik. Begitu juga dengan jarak pijak ke tanah (ground clearence) yang tinggi dan posisi tempat duduk proporsional.

Berikut adalah sejumlah fitur tambahan pada Mini Cooper Countryman rakitan Indonesia:

– Pintu bagasi elektrik
Pintu bagasi belakang elektrik tersedia sebagai peranti standar pada kedua varian new Mini Countryman rakitan dalam negeri. Opsi ini memungkinkan pintu bagasi dibuka dan ditutup tanpa disentuh sehingga menunjang kemudahan akses.

Paket penyimpanan standar terdiri dari variabel load floor, lashing eyes, dan tension straps, juga sisipan baja tahan karat pada ujung pintu bagasi.

– Kursi belakang dan bagasi
Jok belakang dapat digeser hingga 13 cm, sementara sandaran jok belakang bisa dilipat dengan pembagian 40:20:40. Dengan ketersediaan fitur reclining, posisi duduk penumpang semakin nyaman plus tambahan untuk volume bagasi.

Volume kompartemen bagasi adalah 450 liter, dan bila diperlukan dapat diperluas sampai 1.390 liter. Ini merupakan penambahan maksimum sebanyak 220 liter jika dibandingkan dengan model pendahulunya.

– Picnic Bench
Fitur unik lainnya adalah Picnic Bench, kursi berpermukaan fleksibel yang dapat dilipat dan ditarik keluar dari kompartemen bagasi bagian bawah yang menyediakan tempat duduk bagi dua orang.

– Mesin generasi terbaru
New Countryman rakitan lokal diperkenalkan dengan dua varian mesin generasi terbaru. Cooper Countryman mengusung mesin 1,5 liter TwinPower Turbo 3-silinder bertenaga 136 hp dan torsi 220 Nm, dipadu dengan transmisi otomatis 6-percepatan.

Sedangkan New Cooper S Countryman Sports dibekali mesin 2,0 liter TwinPower Turbo 4-silinder, yang mampu melontarkan tenaga hingga 192 hp dan torsi 280 Nm, dengan transmisi sports otomatis 8-percepatan.

– Head-Up Display
Keseruan mengemudi MINI Countryman tak hanya pada fleksibilitas, juga pada keamanan dan kenyamanan. Adanya Park Distance Control, kamera pandangan belakang, Parking Assistant dan Head-Up Display terbaru yang akan membantu pengemudi.

Khusus untuk New Cooper S Countryman Sports, hadir dengan layar sentuh berukuran 8,8 inci dan wireless charging pada bagian konsol tengah, yang memudahkan pengemudi dalam menghubungkan perangkatnya, serta mengisi ulang baterai smartphone.

Banderol New Countryman rakitan lokal ini lebih kompetitif ketimbang versi CBU, plus dilengkapi MINI Service Inclusive, pemeliharaan rutin gratis selama 5 tahun atau 70.000 km (mana yang tercapai lebih dulu), serta garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh. [dp/MTH]