BMW iNEXT, Crossover Listrik yang Bisa Nyetir Sendiri


MUNICH (DP) – BMW telah merilis foto konsep crossover listrik bernama iNEXT, yang diharapkan menjadi model produksi untuk diluncurkan pada 2021 mendatang. iNEXT memiliki tampilan futuristik yang kental dengan DNA BMW i.

BMW iNEXT yang ditayangkan pertama kali dalam laman Bimmerpost ini memiliki kemiripan dalam bahasa desain BMW i, terutama pada bagian samping. Untuk tampilan depan, gril berbentuk jantung berukuran besar menegaskan bahasa desain baru BMW. Yang unik, gril berbentuk jantung itu seolah memiliki lubang atau kisi-kisi layaknya mobil bermesin konvensional. Tapi sebenarnya lubang-lubang pada gril itu palsu, karena mobil listrik memang tak butuh lubang untuk membantu mendinginkan mesin.

Untuk mencirikan iNext sebagai mobil ramah lingkungan, gril dikelilingi krom warna biru. Gril ini sendiri diposisikan tak menyatu dengan lampu yang bentuknya sipit. Kesan tegas dan gahar terlihat dari aksen warna hitam mengkilap yang mirip dengan body cladding plastik.

Baca juga:  Indonesia Kian Seksi Bagi Pabrikan Otomotif Global

Sebagai mobil futuristik, BMW iNEXT sudah mengadopsi spion digital yang mengandalkan kamera, seperti yang digunakan Audi dan Lexus. BMW iNEXT menggunakan roda berukuran besar, yang dipadukan dengan spakbor kembung sehingga menguatkan aura gagah pada crossover ini.

Meski secara keseluruhan crossover ini mengadopsi desain tegas, tapi pada bagian belakangnya terkesan biasa, terutama lampu belakangnya yang pipih memanjang. Beruntung bagian bawahnya dibekali bumper besar nan gagah dengan dilengkapi aksen biru.

Untuk kabinnya menggunakan pendekatan berbeda, karena desainnya sangat minimalis dengan menanggalkan banyak tombol dan instrumen. Sebagai gantinya, pengoperasian fungsi-fungsi pada kendaraan dilakukan melalui layar sentuh berbentuk persegi panjang dengan frame metalik. Tema kotak juga menyasar lingkar kemudi yang tak lagi berbentuk bulat, melainkan kotak.

Tak banyak detail yang bisa diungkap dari iNEXT, tapi yang jelas crossover ini memiliki atap kaca panoramic dan konsol tengah yang unik sepertinya berlapis kayu. Dashboard juga tampaknya dilapisi kayu yang dipadukan dengan beberapa aksen metalik.

Baca juga:  Hati-hati! Jangan Jump Start dari Mobil Listrik

Sejauh ini BMW masih bungkam terkait spesifikasi iNext, meski menegaskan bahwa iNEXT versi produksi merupakan kendaraan listrik “Gen 5”. Juga disebutkan bahwa model-model kendaraan yang masuk ke dalam kategori Gen 5 sudah dilengkapi baterai modular dengan kapasitas mulai 60 kWh hingga 120 kWh. Untuk daya jelajahnya bisa mencapai 435 mil (700 km) dalam sekali pengisian baterai.

Selain dibekali teknologi tinggi, iNEXT juga dilengkapi sistem pengemudian semi otonom canggih. Model ini diperkirakan akan menggunakan sistem kemudi otonom Level 4, yang dapat mengemudi sendiri dalam berbagai situasi berbeda. [dp/TGH]