Hamilton Juara GP Singapura, Unggul 40 Poin dari Vettel di Klasemen


SINGAPURA (DP) – Lewis Hamilton kembali melakukan langkah sempurna untuk meraih gelar juara dunia kelimanya setelah menjuarai Grand Prix Singapura, Minggu (16/9).

Pebalap tim Mercedes asal Inggris itu kini memimpin klasemen dengan keunggulan 40 poin dari jagoan Ferrari Sebastian Vettel dengan tersisa enam seri lagi musim ini.

Pada balapan di Marina Bay Circuit ini, Vettel finish di posisi ketiga di belakang Max Verstappen. Pebalap Jerman itu sebenarnya sempat menyalip Verstappen di lap pertama, tapi kemudian kalah dari pebalap Belanda itu setelah ia masuk pit lebih awal.

Hamilton menyentuh garis finish dengan selisih 8,9 detik dari Verstappen dan 31 detik dari Vettel. Hamilton yang start dari pole position, tampil sempurna tanpa melakukan kesalahan.

Balapan yang diwarnai insiden yang melibatkan dua pebalap Force India, Esteban Ocon dan Sergio Perez, itu sempat memunculkan drama perebutan posisi kedua dan ketiga antara Verstappen dengan Vettel.

Baca juga:  Verstappen Juara GP Austria, Hamilton Merana

Vettel yang masuk pit pertama di jajaran pebalap barisan depan pada lap 14, mengalami nasib sial karena meski saat keluar pit mampu memimpin, tapi lajunya tertahan oleh Perez. Vettel pun banyak kehilangan waktu.

Hamilton hanya sekali masuk pit, yaitu pada lap 15, dan ketika kembali masuk lintasan balap, ia tetap nyaman berada di depan Vettel.

Vettel baru bisa menyalip Perez pada lap 17, tapi waktunya sudah jauh tertinggal dari Hamilton dan Verstappen. Untuk Verstappen baru masuk pit pada lap 18.

Saat itu Hamilton makin nyaman di depan sampai akhirnya tertahan lajunya oleh sejumlah pebalap yang tercecer dan siap di-overlap. Kesempatan itu dimanfaatkan Verstappen, yang mampu mendekati Hamilton. Tapi pebalap Inggris itu tak panik dan akhirnya mampu mendahului Sergey Sirotkin dan Romain Grosjean.

Grosjean sendiri akhirnya dikenai penalti 5 detik karena mengabaikan bendera biru, yang mengharuskan dirinya memberi jalan kepada Hamilton yang saat itu memimpin balapan.

Baca juga:  Mitsubishi Targetkan 150 Unit Per Bulan Untuk Diler Terbaru Ini

Perez juga terkena drive-through penalty setelah mobilnya menyundul mobil Williams milik Sirotkin.

Rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas finish keempat, di depan pebalap Finlandia Kimi Raikkonen yang memacu Ferrari. Daniel Ricciardo berada di urutan keenam dengan Red Bull, dan disusul jagoan McLaren, Fernando Alonso, di posisi ketujuh. [dp/TGH]