Menghentikan Kendaraan dengan Sempurna, Begini Caranya


KARAWANG (DP) – Komponen yang satu ini sangat vital pada kendaraan bermotor, baik roda empat maupun roda dua. Bila peranti tersebut tidak berfungsi dengan baik atau bahkan rusak, besar kemungkinan kejadian yang tidak diinginkan di jalan diyakini bakal terjadi.

Dalam pengoperasiannya, terutama dalam kondisi tertentu, menggunakan rem memang tidak semudah yang diperkirakan. Tinggal injak pedal, laju kendaraan akan berkurang hingga akhirnya berhenti total.

Sebagai pengguna kendaraan, tentu masih banyak yang harus dipelajari hingga paham betul akan teknik-teknik pengereman yang baik dan benar.

Daihatsu pun nampaknya melirik kearah sana, dan sebagai wujud kepeduliannya pada keselamatan berkendara, khususnya bagi para pemilik mobil Daihatsu, kembali mengadakan sharing edukasi kendaraan.

Seperti kegiatan sebelumnya, PT Astra Daihatsu Motor mengajak ‘Sahabat Klub Daihatsu’ untuk mengikuti acara bertajuk ‘Daihatsu Club Auto Clinic 2018’ bertema Defensive Driving, di Gajah Tunggal Proving Ground, Karawang, Jawa Barat, 15 September lalu.

Baca juga:  Mau Liburan Aman dan Nyaman, Begini Cara Persiapannya

Ini merupakan kali ketiga diadakan oleh ADM dari tujuh batch yang dijadwalkan sepanjang tahun ini, dengan melibatkan konsumen loyal Daihatsu yaitu para member dari klub maupun komunitas.

Mereka datang dari MAXXIO (Gran Max Luxio Club Indonesia), CALSIC (Calya Sigra Club), DAI (Daihatsu Ayla Indonesia) dan ZEC (Daihatsu Zebra Club).

Ben Faqih, Executive Coordinator People Development Department – CSVC Division ADM mengatakan dengan teknik pengereman yang tepat, para pengendara dapat mengendalikan dan menghentikan kendaraan dengan sempurna, lebih aman bagi diri sendiri dan orang lain.

“Saat ini sudah banyak mobil yang menggunakan ABS, namun untuk melakukan pengereman tanpa ABS diperlukan teknik yang tepat,” jelas Ben, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (18/9).

Dalam pelaksanaannya dibagi menjadi 2 sesi yaitu, sesi teori dan sesi praktek. Berbagai tehnik pengereman yang baik dan benar, terutama untuk mobil non ABS, dipaparkan dengan lugas oleh instruktur yang berkompeten di bidangnya.

Baca juga:  Sebelum Harga Naik, Beli Mobil Daihatsu Sekarang

Ada tiga teknik yang dipaparkan, pertama teknik treshold. Teknik pengereman ini dilakukan dengan cara menahan tekanan pedal sekitar 90% (mengambang) atau tidak sampai mengunci, sehingga ban masih dapat dibelokkan.

Kedua, yaitu teknik stab, dimana pengereman ini bagus dilakukan untuk kendaraan yang masih mengaplikasi model tromol (drum brake), dengan cara menekan pedal rem, lepas dan tekan kembali berulang-ulang dengan secara cepat untuk mengurangi kecepatan kendaraan.

Selain dapat mengurangi kecepatan kendaraan, juga dapat mencegah ban mengunci. Dalam melakukan teknik ini, perlu latihan dengan pendampingan oleh orang yang ahli dibidangnya (expert).

Terakhir yaitu teknik squeeze, metode pengereman ini mirip dengan pengereman stab yakni dengan menekan pedal rem, lepas dan tekan kembali berulang-ulang tapi dengan perlahan. [dp/MTH]