Komunitas Ini Jadi ‘Kepanjanjangan Tangan’ MMKSI


JAKARTA (DP) – Seiring makin gencarnya PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) melakukan promo unit small MPV andalannya Xpander, memunculkan daftar pemesanan (inden/Surat Pemesanan Kendaraan-SPK) yang makin berkepanjangan.

Panjangnya daftar pemesanan yang diterima dealer-dealer pun diklaim terus terurai, bahkan masa tenggat waktu tunggu pun hingga mencapai lebih dari tiga bulan. Kondisi ini pun dialami beberapa member dari komunitas pemilik Xpander yang tergabung dalam X-MOC.

Danny Bastian, Ketua Pelaksana Harian X-MOC mengakui bahwa beberapa member-nya masih ada yang belum terkirim unit yang dipesannya. Meski begitu dirinya mengklaim tidak banyak.

“Dari 1.700an member X-MOC memang belum seluruhnya memiliki Xpander yang dipesannya. Tak sampai tiga persen, gak banyak kok. Menjadi member X-MOC tidak harus punya mobilnya, cukup melampirkan bukti SPK sudah bisa bergabung,” jelas Danny di Jakarta, Rabu (19/9) lalu.

Tapi dibalik itu, Danny dan segenap pengurus pusat X-MOC juga coba membantu para member-nya, dengan cara terus memantau gerak para dealer untuk pendistribusian unit ke konsumen, termasuk untuk anggota X-MOC.

Baca juga:  Permintaan Tinggi, Penjualan All New Terios Terkendala di Sumatera

Namun, lanjut Danny, posisi X-MOC disini bukan untuk memudahkan atau memprioritaskan member-nya mendapatkan unit yang dipesan dengan ‘melangkahi’ unit pesanan orang lain.

“Lebih kepada untuk membantu MMKSI saja dan, sekali lagi, tidak untuk meminta dealer mengutamakan para member X-MOC. Tugas kami disini hanya untuk menghilangkan kekhawatiran adanya SPK yang tertimbun di dealer,” tegas Danny.

Langkah X-MOC untuk memantau ini diamini oleh Jerry Amran, Head of Public Relations Section PT MMKSI. Menurutnya, bagaimana pun, tetap berkomitmen menjalankan prinsip ‘first in, first out’, agar distribusi unit berjalan tertib.

“Siapapun yang mengajukan SPK terlebih dulu, dia yang akan kami dahulukan. Kami punya data (SPK) baik dari dealer maupun pihak X-MOC. Kondisinya, kami bekerja sama dengan mereka untuk memantau angka inden di tiap wilayah kepengurusan X-MOC,” ujar Jerry di tempat yang sama.

Jadi, lanjut Jerry, pihaknya dengan tegas tidak memprioritaskan anggota Sonny dalam mendapatkan unit yang dipesannya. Pihaknya cukup diuntungkan dengan data yang sengaja dikumpulkan oleh pengurus pusat X-MOC.

Baca juga:  Jumlah Pemesanan Glory 560 Makin Membludak

Bila disejajarkan antara keduanya, masih banyak unit pemesanan yang belum terselesaikan baik untuk konsumen maupun anggota X-MOC itu sendiri. Jerry pun berjanji bahwa MMKSI bakal mempersingkat waktu inden untuk konsumennya.

Dibalik itu, MMKSI turut terbantu dengan seluruh data yang dikirimkan oleh X-MOC untuk kesediaannya memantau kondisi inden dari anggota maupun konsumen di dealer.

“Pokoknya kami gak ingin konsumen teriak, karena dari kondisinya memang (inden) cukup panjang, yang penting gak sampai 6 bulan, itu udah keterlaluan namanya. Kita akan kasih yang terbaik buat konsumen,” tutup Jerry. [dp/MTH]