Lorenzo Crash, Marquez Menggila di GP Aragon


ZARAGOZA (DP) – Pebalap Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez, tampil sempurna dan agresif untuk memenangi Grand Prix Aragon, Minggu (23/9), dengan mengasapi Andrea Dovizioso dari Ducati.

Pebalap Italia lainnya yang membela Suzuki, Andrea Iannone, mengisi podium ketiga dan dibuntuti rekan setimnya, Alex Rins, di posisi keempat.

Dengan kemenangan ini, Marquez makin kokoh di puncak klasemen dengan mengemas 246 poin, disusul Dovizioso dengan raihan 174 poin. Podium pertama di Aragon ini adalah hat-trick bagi Marquez.

Adapun duel sengit antara Marquez versus Dovizioso tak lepas dari crash yang dialami pemegang pole position,  Jorge Lorenzo, di tikungan pertama lap 1 selepas start. Pebalap Ducati yang tampil trengginas belakangan ini tersebut jatuh ketika Marquez menyodok di tikungan dalam, sehingga ia tak mampu melanjutkan lomba.

Berdasarkan pemeriksaan, Lorenzo mengalami dislokasi pada jari kakinya. Belum diketahui apakah ia bisa tampil di seri berikut yang digelar di Thailand pada 7 Oktober mendatang.

Baca juga:  Pencapaian Vinales di Tengah Drama Rossi dan Marquez

Setelah Lorenzo terjatuh, Dovizioso tampil nyaman di depan dengan dibuntuti Marquez dan duo Suzuki, Rins dan Iannone. Jarak rata-rata sekitar 0,3 detik antara Marquez dengan Dovizioso terus berlangsung hingga dua pertiga lomba sampai akhirnya pada 10 lap terakhir, Marquez mulai menyerang.

Duel seru terjadi antara Marquez dan Dovizioso, yang diselingi tekanan dari Iannone. Bahkan mantan rekan setim Dovizioso di Ducati itu sempat menyalip Marquez, meski si Baby Alien kembali merebut posisi kedua.

Saling salip antara Marquez dan Dovizioso berlangsung hingga balapan tersisa tiga lap lagi, dan setelah itu Marquez tak lagi memberikan kesempatan kepada rivalnya untuk menekan. Jagoan Spanyol itu pun merengkuh podium pertama untuk ketiga kalinya dalam tiga musim terakhir di Aragon.

Sementara itu, rekan setim Marquez, Dani Pedrosa, finis kelima di depan Alex Espargaro dan Danilo Petrucci. Valentino Rossi yang start dari posisi ke-18, finish di urutan kedelapan setelah berhasil mendahului Jack Miller, diikuti Maverick Vinales untuk menggenapi posisi 10 besar. [dp/TGH]

Baca juga:  Vinales: Bukan yang Tercepat, Fokus Saya Mencari Setingan Terbaik