All New Ertiga Diekspor ke 22 Negara, Amerika Latin Tujuan Utama

Kegiatan produksi All New Ertiga di pabrik Suzuki Cikarang.

JAKARTA (DP) – Suzuki Indonesia terus menggiatkan kinerja ekspor kendaraan roda empatnya pada bulan ini, seiring dengan dimulainya pengiriman All New Ertiga ke berbagai negara. Target pun dicanangkan tidak hanya hingga akhir tahun ini, bahkan sampai Maret 2019.

Sebanyak 22 negara tujuan ekspor All New Ertiga dalam ‘bentuk’ utuh (completely built-up/CBU) telah menerima low MPV ini dari total 51 negara, dengan target sebanyak 12.000 unit hingga Maret 2019.

Sedangkan dari ke-22 negara tersebut, 15 di antaranya berada di Amerika Latin dan Karibia dengan target 2.600 unit hingga Desember tahun ini. Salah satu bidikan negara tujuan ekspor adalah ke Meksiko.

Hady Surjono Halim, Department Head of Export PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), mengatakan ke 51 negara tujuan ekspor tersebut berasal dari wilayah Asia, Timur Tengah, Amerika Latin, Karibia, serta Oseania.

“Kami membidik Meksiko karena merupakan negara di Benua Amerika yang memiliki pangsa pasar yang besar dan potensial. Meksiko sendiri masuk dalam gelombang pertama dari ekspor itu,” papar Hady, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (26/9).

Baca juga:  Raih Penjualan Positif di Agustus 2019, Suzuki Targetkan 11% Pangsa Pasar

Hady berharap dengan ekspor ini dapat menggugah selera pasar Amerika Latin dan membuka peluang penetrasi pasar yang lebih besar lagi. Rencananya, PT SIM mengapalkan 7.062 unit unggulan ke Meksiko dan negara-negara Amerika Latin lainnya, seperti Cile, Peru, Bolivia, dan negara-negara di Kepulauan Karibia.

Secara rinci, dari total jumlah itu terdiri dari APV pick up dan van sebanyak 4.310 unit periode Januari – Desember 2018, dan All New Ertiga yang baru mulai diekspor September ini sebanyak 2.752 unit sampai Desember 2018.

Sejatinya, jumlah unit All New Ertiga yang dikapalkan sudah melampaui target ekspor sebanyak 2.600 unit. Sebagai informasi, All New Ertiga yang diekspor ke Amerika Latin sudah berstandarisasi Euro 4 dan Euro 5. [dp/MTH]