Andai Toyota Hidupkan Kembali 2000GT Seperti Ini


TOKYO (DP) – Patut diakui bahwa Toyota di bawah kepemimpinan Presiden Akio Toyoda telah berhasil mengubah stigma sebagai ‘mobil bapak-bapak’ dan bergaya membosankan.

Kita bisa melihat munculnya sejumlah model Toyota yang menampilkan gaya kekinian dan digandrungi kaum belia, seperti Toyota 86, C-HR, RAV4, Supra, Yaris GRMN dan juga Corolla hatchback terbaru. Belum lagi deretan model Lexus yang kental dengan aura sporty dan futuristik, sebut saja RX450, UX dan juga LC500.

Padahal, 10 tahun lalu tak seorang yang berani bermimpi melihat mobil sport kompak lansiran Toyota, seperti 86, Yaris GRMN atau new Supra. Tapi kini, Toyota sudah berani tampil beda dengan melahirkan model-model sport yang diimpikan banyak kaum muda.

Adalah Toyota Gazoo Racing atau lebih dikenal dengan singkatan GR, yang ikut membidani kelahiran model-model sport Toyota selain juga TRD. Dua rumah modifikasi dan tuning milik Toyota ini banyak terlibat dalam proyek ‘mempercantik’ tampilan dan mendongkrak performa model-model Toyota.

Baca juga:  Pertaruhan Astra International Tak Cuma di Otomotif

Bahkan GR juga sudah menggarap hypercar bertenaga 1.000PS dalam bentuk GR Super Sport Concept di ajang Tokyo Auto Salon awal tahun ini. Juga ada S-FR Concept yang dapat menjadi rival serius Mazda MX-5.

Tapi dari deretan mobil sport yang disebutkan di atas, sepertinya ada satu model yang patut diangkat kembali ke permukaan, yakni mobil sport legendaris 2000GT, yang notabene adalah supercar pertama Jepang.

Diluncurkan pada 1967, model fastback coupé berpenggerak roda belakang ini dibangun hasil kerjasama dengan Yamaha. Kehadiran Toyota 2000GT itu telah mampu mengubah pandangan dunia terhadap kemampuan Jepang dalam membangun kendaraan hebat.

Sejauh ini Toyota belum pernah membicarakan soal 2000GT, tapi banyak para penyuka kecepatan yang membayangkan kelahiran kembali 2000GT di era modern seperti saat ini.

Nah, dari sekian banyak yang membayangkan Toyota menghidupkan lagi 2000GT seperti layaknya Supra, ada satu desainer asal Taiwan bernama Li Yulin yang membuat coretan dan gambar rekaan 2000GT yang sangat menarik. Memadukan gaya retro dengan teknologi kekinian, Toyota 2000GT rancangan Li ini memiliki proporsi dramatis.

Baca juga:  Cabut dari China, Suzuki Fokus ke Pasar India

Kesan kuat sebagai perwujudan baru dari 2000GT asli adalah moncongnya yang panjang, overhang depan pendek, kabin agak ke belakang, dan roda berukuran besar. Ada sedikit pengaruh Supra pada 2000GT ini, misalnya atapnya yang memiliki dua tonjolan dan kontur jendela samping.

Hmmm…seandainya Toyota mau mempertimbangkan untuk membangun 2000GT seperti hasil coretan Li, persaingan di segmen mobil sport dunia akan semakin seru, terutama untuk menantang model-model lansiran Eropa. [dp/TGH]