FIF Terbitkan Obligasi Untuk Pembiayaan Sepeda Motor Honda


JAKARTA (DP) – PT Federal International Finance (FIF) meluncurkan obligasi berkelanjutan III perseroan tahap IV-2018 senilai Rp1,3 triliun demi mendukung pembiayaan sepeda motor.

CEO FIF, Margono Tanuwijaya, mengatakan obligasi ini terdiri dari dua seri, yakni Seri A dengan jumlah pokok Rp639 miliar dan bunga tetap 7,50 persen per tahun, jangka waktu 370 hari dan akan jatuh tempo pada 5 Oktober 2019. Sedangkan Seri B jumlah pokok Rp661 miliar dengan bunga tetap 8,75 persen per tahun, jangka waktu 36 bulan dan akan jatuh tempo pada 25 September 2021.

“Penerbitan obligasi ini untuk menunjang pembiayaan sepeda motor Honda. Ini menjadi salah satu instrumen pendanaan yang kami pilih karena situasi dan kondisinya sangat pas,” katanya di Jakarta medio pekan ini.

Dijelaskan Margono, hingga Juni 2018 penjualan Honda secara konsisten mendominasi penjualan sepeda motor di Indonesia dengan pangsa pasar mencapai 74 persen.

Penjualan motor Honda tersebut sebagian besar dilakukan melalui kredit, yang tahun lalu mecapai 67 persen dari total penjualan.

Adapun dalam penerbitan obligasi ini perseroan menunjuk PT BCA Sekuritas, PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia, PT Indo Premier Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas, PT Danarekasa Sekuritas dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk sebagai penjamin pelaksana emisi obligasi. [dp/TGH]