Hamilton Juara GP Rusia Berkat ‘Kebaikan’ Bottas


MOSKOW (DP) – Lewis Hamilton makin kokoh posisinya di puncak klasemen pebalap Formula 1 musim ini setelah menjuarai Grand Prix Rusia, Minggu (30/9).

Kemenangan Hamilton menjadi catatan apik bagi tim Mercedes, yang menempatkan Valtteri Bottas di posisi kedua, mengungguli andalan Ferrari, Sebastian Vettel.

Tapi catatan apik itu juga diwarnai kontroversi setelah kemenangan Hamilton lebih karena ‘kebaikan’ Bottas, yang memberi jalan bagi rekan setimnya itu untuk menjauhkan diri dari kejaran Vettel di klasemen. Andil Bottas itu membuat selisih poin Hamilton dengan Vettel kini menjadi 50 poin.

Bagi Mercedes, meski kurang fair, terutama untuk Bottas, tapi team order ini penting untuk mengamankan posi Hamilton untuk merebut gelar juara dunia musim ini.

Apalagi balapan hanya tersisa lima seri lagi musim ini, sehingga keunggulan 50 poin dari Vettel akan melapangkan jalan bagi Hamilton menjadi juara dunia kelimanya.

Proses team order itu sendiri terjadi setelah Hamilton berhasil mendahului Vettel setelah pit-stop lebih cepat, dan kemudian diberi jalan oleh Bottas untuk memimpin balapan hingga finish.

Bottas sendiri terlihat tak senang dengan keputusan tim yang lebih memprioritaskan Hamilton mengejar gelar juara dunia, sementara dirinya belum sekalipun menjadi juara musim ini.

“Kita akan bicarakan masalah ini nanti,” kata Bottas ketika diminta melalui radio oleh bos Silver Arrows, Toto Wolff, untuk memberi jalan bagi rekan setimnya.

Hamilton tampak tidak nyaman dengan situasi itu. Ia sadar bahwa Bottas pasti kecewa dengan keputusan tim.

Setelah balapan, Hamilton langsung menghampiri Bottas seakan ingin meminta maaf, sedangkan pebalap asal Finlandia itu berdiri dengan tatapan dingin.

“Tak banyak rekan setim yang mau melakukan hal seperti yang dilakukan Bottas. Ini menjadi hari teraneh yang bisa aku ingat di dunia olahraga,” sebut Hamilton.

Hasil Grand Prix Rusia:

1. Lewis Hamilton    Mercedes
2. Valtteri Bottas    Mercedes
3. Sebastian Vettel   Ferrari
4. Kimi Raikkonen   Ferrari
5. Max Verstappen   Red Bull
6. Daniel Ricciardo   Red Bull
7. Charles Leclerc   Sauber
8. Kevin Magnussen   Haas
9  Esteban Ocon   Force India
10. Sergio Perez   Force India
11. Romain Grosjean   Haas
12. Nico Hulkenberg   Renault
13. Marcus Ericsson   Sauber
14. Fernando Alonso   McLaren
15. Lance Stroll   Williams
16. Stoffel Vandoorne   McLaren
17. Carlos Sainz   Renault
18. Sergey Sirotkin   Williams
19. Brendon Hartley   Toro Rosso
20. Pierre Gasly   Toro Rosso. [dp/TGH]