Mitsubishi Pajero Sport Kena Recall (Lagi) ‘Penyakit’ nya Sama

PT MMKSI melakukan kampanye perbaikan (recall) pada Pajero Sport lansiran tahun 2009 - 2015 karena masalah pegas pintu bagasi.

JAKARTA (DP) – Untuk kesekian kalinya PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan kampanye perbaikan (recall) untuk produk-produk yang dipasarkan di Indonesia. Kali ini, SUV andalannya kembali ‘terjangkit’ kampanye tersebut.

Adalah para pemilik Pajero Sport yang harus kembali masuk dalam program Field Fix Campaign (Kampanye Perbaikan) itu. Permasalahan utamanya adalah pada peranti pegas di pintu bagasi (Tailgate Gas Spring).

Adanya kampanye perbaikan ini disebabkan oleh ketidakcukupan lapisan anti karat di area End Cap Outer Tube pada Tailgate Gas Spring yang seiring perjalanan waktu dapat menimbulkan karat pada komponen Outer Tube.

Jika hal itu terjadi bisa menyebabkan End Cap terlepas secara tiba-tiba. Akibatnya, Tailgate akan terjatuh dan berpotensi menimbulkan cedera saat konsumen membuka pintu bagasi.

Beruntung, hingga pihak MMKSI melayangkan pengumuman tersebut tidak ada laporan adanya insiden terkait dengan kondisi tersebut bagi para pemilik Pajero Sport. Kampanye ini melibatkan 77.196 unit yang tercatat oleh MMKSI untuk tahun produksi 2009-2015.

Baca juga:  Honda Dengan Dua Tim Barunya di ajang F1

Bagi MMKSI, kampanye perbaikan ini merupakan wujud kepatuhan terhadap ketentuan yang diatur didalam Peraturan Perundang-undangan Indonesia. Khususnya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 33 Tahun 2018 Tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor.

“Program ini merupakan wujud komitmen MMKSI untuk selalu menjaga kualitas kendaraan secara berkesinambungan, serta memberikan jaminan layanan purna jual berkualitas bagi para pengguna kendaraan Mitsubishi di Indonesia,” ungkap Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division MMKSI dalam keterangan resminya.

Sejatinya, ini merupakan permasalahan serupa dan telah terjadi kala MMKSI melayangkan program yang sama awal tahun ini. Persoalan tailgate gas spring masih menjadi ‘penyakit’ yang sama, cuma saat itu unit yang terkena adalah untuk tahun produksi 2016 sebanyak 14.499 unit.

Sebagai langkah perbaikan adalah dengan mengganti komponen yang serupa namun pihak MMKSI telah melakukan improvement dari sisi produksi. Berupa penambahan anti korosi.

Baca juga:  Upaya Pertamina Berikan Layanan Lebih di SPBU

Hal itu dapat dilihat secara fisik perbedaan desain End Cap pada Outer Tube dibandingkan dengan part yang lama. Selain itu, pada Inner Tube Part Baru dapat terlihat berwarna Steel Chrome dibandingkan dengan part lama yang berwarna Dark Chrome.

MMKSI melalui jaringan dilernya akan mengirimkan surat undangan pemeriksaan dan penggantian suku cadang kepada konsumen, yang kendaraannya terlibat dalam kampanye ini tanpa dikenakan biaya apapun.

Kampanye ini dimulai pada 1 Oktober 2018 di seluruh diler kendaraan penumpang Mitsubishi di Indonesia, dengan estimasi durasi perbaikan selama 60 menit.

Konsumen dapat menghubungi diler kendaraan penumpang Mitsubishi terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kampanye perbaikan ini, sekaligus melakukan Service Booking untuk kemudahan dalam pengaturan waktu perbaikan. [dp/MTH]