Mampukah Lexus UX Lolos dari 'Kepungan' Crossover Eropa? | dapurpacu.id

Mampukah Lexus UX Lolos dari ‘Kepungan’ Crossover Eropa?


PARIS (DP) – Di segmen crossover atau SUV kompak premium, pabrikan Eropa begitu mendominasi pasar, seperti BMW X1 dan X2, Mercedes GLA, Audi Q2/Q3, Volvo XC40 dan Jaguar E-PACE. Kini Lexus mencoba ‘mengganggu’ dominasi itu melalui UX. Yang menjadi pertanyaan, apakah Lexus UX mampu menantang para ‘jawara’ di segmen crossover premium?

Lexus mungkin sadar bahwa berat untuk mengalahkan merek-merek kondang itu, terutama di pasar Eropa. Untuk itu, Lexus mulai ‘menggoda’ para calon pembeli asal Benua Biru itu dengan memamerkan UX pada gelaran Paris Motor Show 2018 yang dibuka pekan ini agar publik sudah bisa memiliki gambaran tentang crossover ini.

Sebenarnya Lexus sudah memperkenalkan UX sejak awal tahun ini, tapi sayang crossover kompak ini belum masuk lini produksi. Rencananya, Lexus baru akan memasarkan UX pada akhir tahun ini di AS, kemudian disusul oleh pasar Eropa pada awal 2019 mendatang.

Keputusan Lexus memboyong UX ke Paris mungkin sebagai langkah yang tepat sebelum model itu benar-benar menggelinding ke aspal. Kehadiran UX di ajang salah satu pameran otomotif terbesar Eropa itu selain dapat memberikan kesempatan bagi publik Eropa untuk melihat langsung sosok crossover yang diposisikan di bawah RX ini, juga untuk mengundang media agar dapat memberikan gambaran lebih jelas mengenai performanya.

Lexus UX 200 ditenagai oleh mesin anyar berkapasitas 2.0 liter 4 silinder segaris, yang mampu menyemburkan tenaga 171 PS (168 HP) dan torsi 205 Nm (151 lb-ft) dengan dukungan transmisi CVT untuk menyalurkan tenaga dan torsi itu ke roda depan.

UX 200 akan menjadi model entry level, dan jika ingin varian yang lebih tinggi, konsumen bisa memilih UX 250h. Model ini dibekali teknologi hybrid baru, dengan tenaga gabungan mencapai 178 PS (176 hp) dan dilengkapi sistem penggerak all-wheel drive berkat penempatan motor listrik di as roda belakang.

Untuk interior UX hampir sama dengan kebanyakan model Lexus lainnya, terutama untuk desain dan materialnya, yang terlihat cukup premium.

Menurut Lexus, seluruh model UX akan dibekali fitur Apple CarPlay sebagai perlengkapan standar. Untuk fitur-fitur keselamatan aktif meliputi Lane Tracing Assist, Dynamic Radar Cruise Control, Automatic High Beams, Road Sign Assist dan Pre-Collision System yang dapat memantau pejalan kaki saat malam. [dp/TGH]