Dovizioso Terkena Karma di MotoGP Thailand


BURIRAM (DP) – Drama di akhir balapan menjadi bukti kepiawaian Marc Marquez untuk bisa menumbangkan Andrea Dovizioso bahkan Valentino Rossi di Chang International Circuit, Buriram, Thailand, Minggu (7/10).

Kemenangan pebalap Honda Repsol Team ini sekaligus menjadi debutnya di sirkuit yang baru saja dilaksanakan pada musim ini. Panasnya trek hingga mencapai 52 derajat, masih belum menggugurkan skill tingkat ‘dewa’ yang dimiliki Baby Alien tersebut.

Bagi Marquez, ini merupakan kemenangan kedua secara berturut-turut, usai meraih podium di Aragon. Dengan kemenangannya ini, Marquez hanya butuh satu kali kemenangan lagi di sirkuit Motegi,  Jepang untuk kembali memboyong mahkota tertinggi MotoGP kelima kalinya.

Balapan kali ini juga menjadi momen kembalinya Movistar Yamaha MotoGP berada di podium tertinggi, dimana Maverick Vinales berhasil menyumbangkan podium ketiga bagi tim.

Atmosfer persaingan dari ketiga pebalap ini memang sudah terlihat sejak awal-awal balapan. Begitu bendera start dikibarkan, saling kebut untuk bisa menggapai tikungan pertama langsung terjadi.

Baca juga:  Tantang Tesla, Hyundai Siap Perang di Segmen Truk Listrik

Beruntung, di R1 ini tidak terjadi crash, sehingga urutan pebalap langsung tercipta: Marquez, Rossi, Dovi, Cal Crutchlow, Johann Zarco.

Gempuran dari Rossi maupun Dovi untuk bisa memimpin jalannya balapan terus berlangsung. Berkat keuletannya, akhirnya Rossi berhasil meraih terdepan meski hanya beberapa lap saja, yang akhirnya kembali direbut Marquez dan Dovi bahkan rekan setim Vinales pada lap ke 19.

Perebutan podium pertama terus terjadi antara Dovi dan Marquez, yang dibuntuti oleh Vinales dan disusul Rossi serta Zarco, yang juga saling berebutan mengisi posisi lima besar.

Tak ingin kehilangan podium puncak untuk kesekian kalinya, Dovi coba kembali merangsek tepat di tikungan terakhir jelang titik finish. Namun sayang, titik pengereman yang terbilang terlambat membuat posisi Dovi justru memberi keuntungan bagi Marquez untuk menyalip dari sisi dalam.

Setidaknya tiga kali terjadi saling susul antara keduanya sepanjang lima lap terakhir, hingga akhirnya Marquez kembali menyusul sampai memasuki lap terakhir.

Baca juga:  Honda PCX Anyar Lakoni Jelajah Empat Pulau Sejauh 1400 km

Inilah karma bagi Dovi, karena drama seperti ini pernah terjadi sebelumnya di MotoGP Qatar, 19 Maret 2018 lalu. Di tahun 2017,  kejar-kejaran serupa,  juga terjadi di seri GP Austria, dan GP Jepang. Seluruhnya dimenangkan oleh Dovi.

Marquez menyelesaikan balapan dengan catatan waktu 39 menit 55,722 detik, unggul 0,115 detik. Vinales ada di posisi ketiga dengan terpaut 0,270 detik. [Dp/MTH]

Klasemen sementara MotoGP 2018:

1. Marc MARQUEZ 271
2. Andrea DOVIZIOSO 194
3. Valentino ROSSI 172
4. Maverick VINALES 146
5. Jorge LORENZO 130
6. Cal CRUTCHLOW 128
7. Danilo PETRUCCI 126
8. Johann ZARCO 123
9. Andrea IANNONE 113
10. Alex RINS 102
11. Dani PEDROSA 87
12. Jack MILLER 74
13. Alvaro BAUTISTA 72
14. Tito RABAT 35
15. Franco MORBIDELLI 33
16. Aleix ESPARGARO 32
17. Pol ESPARGARO
18. Hafizh SYAHRIN 28
19. Bradley SMITH 19
20. Takaaki NAKAGAMI 18