Menangi Duel Sengit dengan Dovizioso, Marquez Juara GP Thailand


BANGKOK (DP) – Andrea Dovizioso menjadi korban keganasan Marc Marquez di lap akhir dan harus puas melihat seteru beratnya itu meraih kemenangan perdana di Grand Prix MotoGP Thailand di Sirkuit Buriram, Minggu (7/10).

Dovizioso tampil apik saat start dan langsung memimpin balapan, mendahului Marquez sebagai pemegang pole position dan Valentino Rossi di posisi ketiga.

Tapi sepertinya pebalap Ducati itu belum merasa nyaman karena Marquez terus menguntitnya, demikian halnya Rossi yang mencatat performa jauh lebih baik dalam balapan kali ini.

Ketika balapan tersisa 22 lap lagi, Rossi memberikan tekanan pada dua rivalnya dan berhasil mendahului Marquez di trek lurus untuk memimpin balapan hingga beberapa lap sebelum akhirnya disalip oleh Dovizioso dan kemudian disusul juga oleh Marquez.

Setelah itu, Rossi mulai menjauh dan persaingan merebut posisi pertama seperti hanya milik Marquez dan Dovizioso. Tapi memang benar, perseteruan keduanya makin sengit pada sepertiga akhir balapan hingga tikungan terakhir menjelang garis finish.

Baca juga:  Marquez Tergelincir, Vinales Raih Pole Position di MotoGP Valencia

Rossi yang mulai keteteran akhirnya juga disalip rekan setimnya, Maverick Vinales. Bahkan Vinales berhasil menghuni podium ketiga dan Rossi keempat setelah Marquez memenangi duel sengit dengan Dovizioso di lap terakhir. Dovizioso pun harus gigit jari karena ia hanya terpaut 0,115 detik dari Marquez yang pertama menjejak garis finish.

Kebangkitan Yamaha tak hanya ditunjukkan oleh apiknya performa Vinales dan Rossi, tapi juga keberhasilan Johann Zarco merangsek ke posisi kelima bersama tim satelit Yamaha Tech3 setelah mengasapi jagoan Suzuki, Alex Rins, dan penunggang LCR Honda, Cal Crutchlow.

Tapi sukses Zarco merebut posisi kelima tak lepas dari jatuhnya Dani Pedrosa di Turn 5 ketika balapan tersisa 7 lap lagi.

Penghuni posisi 10 besar adalah trio pebalap tim satelit Ducati, yakni Alvaro Bautista (Nieto) dan duet Pramac, Danilo Petrucci dan Jack Miller.

Hafizh Syahrin (Tech3) berada di urutan ke-12, di belakang pebalap Suzuki, Andrea Iannone, sedangkan posisi ke-13 dan seterusnya dihuni Aleix Espargaro, Franco Morbidelli dan Bradley Smith.

Baca juga:  Prestasi Mitsubishi Xpander Kian Moncer di Mata Masyarakat

Untuk pebalap yang crash selain Pedrosa adalah Takaaki Nakagami dari tim LCR.

Dengan kemenangan di Buriram ini, Marquez kini unggul 79 poin dari Dovizioso dalam klasemen pebalap, dengan 100 poin tersisa yang diperebutkan dalam empat seri tersisa musim ini. [dp/TGH]