Recall Akibat Inflator Airbag Pada Freed dan Jazz Bertambah

HPM menambah lagi unit Freed dan Jazz yang terindentifikasi masuk dalam program penarikan kembali (Product Update) pada komponen inflator airbag.

JAKARTA (DP) – Program penarikan kembali unit-unit mobil Honda untuk penggantian komponen inflator airbag makin diperluas oleh PT Honda Prospect Motor (HPM). Penambahan itu ‘jatuh’ pada Freed dan Jazz, dengan tahun yang berbeda dari sebelumnya.

Total dari kedua produk tersebut yang terindentifikasi mencapai 17.286 unit di Indonesia, terdiri dari Freed untuk tahun 2014 – 2016 sebanyak 10.325. Sedangkan Jazz khusus untuk tahun 2014 sebesar 6.961 unit.

Program Product Update (PUD) untuk inflator airbag ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya keadaan di mana airbag mungkin mengembang secara berlebih (over deployment), akibat tekanan gas yang berlebihan dalam komponen inflator airbag.

“Bila hal ini terjadi sangat berpotensi mengakibatkan cedera serius atau kematian pengemudi atau penumpang depan pada saat terjadi kecelakaan,” demikian rilis yang diterima Dapurpacu, Selasa (9/10).

Sebelumnya, kampanye PUD dari kedua  produk ini sudah berjalan sejak Mei 2013, dimana pada program ini unit Jazz yang terkena dampak tersebut untuk produksi antara  2004 – 2014. Sementara untuk Honda Freed dimulai dari 2009 – 2013.

Baca juga:  Dua Komponen ini Bermasalah pada Yamaha R-25 dan MT-25

Sayangnya, total unit dari keduanya tidak disebutkan oleh pihak HPM, yang mana hanya menyebutkan jumlah total dari keseluruhan produk yang terindikasi mengalami kerusakan pada komponen inflator airbag sebanyak 591.355 unit.

Adapun model-model yang teridentifikasi kampanye PUD tersebut selain Freed dan Jazz meliputi Civic (2001-2011), Stream (2002-2006), CR-V (2002-2012), Accord (2003-2013), City (2004-2013), Odyssey (2004-2008), dan Brio (2013-2014).

Untuk memastikan keselamatan konsumen, HPM menghimbau agar konsumen yang mobilnya teridentifikasi untuk segera melakukan pemeriksaan dan penggantian komponen di dealer resmi Honda.

Pihak HPM akan mengirimkan surat pemberitahuan langsung kepada para pemilik kendaraan yang teridentifikasi. Bisa juga dengan melakukan pengecekan langsung melalui laman http://pud.honda-indonesia.com.

Atau dapat menghubungi Honda Customer Care di 0-800-11-22-789 (bebas pulsa) dari hari Senin-Jum’at, pukul 09.00 s/d 17.00 WIB. Proses penggantian komponen ini hanya memakan waktu 1 – 2 jam dan tidak dipungut biaya apapun. [dp/MTH]