Ini Bukan Land Rover, Tapi Bollinger B2 Bertenaga Listrik


MICHIGAN (DP) – Bollinger Motors adalah nama perusahaan rintisan yang bermarkas di Michigan, Amerika Serikat, dan fokus pada kendaraan listrik. Kini mereka memiliki model SUV bernama B1 dan siap merilis model pick-up berjuluk B2.

Bollinger menyebut kehadiran B2 merupakan tambahan dari model yang dimiliki sebelumnya yakni B1. Sebagai perusahaan rintisan, Bollinger belum memiliki banyak model kendaraan. Untuk itu, B2 juga mengambil basis B1 dan banyak fiturnya yang memiliki kesamaan di antara kedua model tersebut. Bahkan dapur pacunya pun sama, yaitu dua motor listrik dan baterai berkapasitas 120 kWh. Perpaduan itu menghasilkan tenaga 520 hp (387 kW / 527 PS) dan torsi 514 lb-ft (696 Nm).

Menurut Bollinger, B2 memiliki kemampuan akselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 6,5 detik, dengan kecepatan puncak mencapai 160 km/jam.

Dari sisi daya jelajah, B2 mampu menempuh jarak sekitar 200 mil (321 km) untuk sekali pengisian baterai. Ketika daya baterai habis, dapat diisi ulang selama 75 menit dengan menggunakan fast charger DC Level 3 atau selama 10 jam bila menggunakan charger 220 V Level 2.

Baca juga:  Tiga MPV Toyota Ini Sukses Jelajahi Indonesia-Timor Leste

Selain tampilan yang mirip dengan Land Rover pick-up, B2 juga menggunakan bodi aluminium layaknya merek asal Inggris itu. Yang paling unik dari B2 adalah deknya yang bisa tembus keluar ke bonnet. Ini untuk mengakomodasi bila pemilik B2 ingin membawa barang berukuran panjang, seperti pipa, kayu atau besi yang panjangnya melebihi panjang kendaraan. Untuk suspensinya, B2 mengadopsi hydropneumatic suspension dan in-wheel portal gear hubs.

Sedangkan untuk dimensinya, B2 memiliki panjang 1,7 meter) dan jendela belakang bisa dibuka untuk mengakomodasi benda atau barang yang panjang. Secara total, Bollinger mengatakan bahwa B2 dapat mengangkut hingga 72 lembar kayu lapis berukuran 4’ x 8’. Hebat bukan?

Rencananya B2 akan masuk lini produksi pada 2020, sementara harga maupun pilihan variannya baru diumumkan tahun depan. Bagi yang berminat memboyong B2, Bollinger sudah membuka pemesanan, dan asyiknya mereka tidak meminta deposit atau uang muka. [dp/TGH]