Ini Perwakilan SMK di Jabar di Technical Skill Contest SMK 2018

Para siswa SMK tengah mengikuti kontes mekanik tingkat regional di Jawa Barat, yang digagas oleh DAM.

JAKARTA (DP) – Jelang puncak acara Technical Skill Contest SMK 2018 ke-9 yang digagas PT Astra Honda Motor (AHM), PT Daya Adicipta Motora (DAM) mengirimkan lima siswa SMK terbaiknya di Jawa Barat, untuk mengikuti kontes yang digelar di Jakarta pada 16-17 Oktober nanti.

Mereka yaitu Apit dari SMK Karya Nasional – Kuningan, Abdul Karim – SMK Karya Nasional – Majalengka, Andi – SMK Teladan Kertasemaya – Indramayu, Rizky Irvan Maulana – SMK Wiraswasta – Bandung, dan Feilixon Mateus – SMK Mitra Industri – Bekasi.

Sebelum menuju kesana, para siswa terus diberikan pembekalan guna meningkatkan keahlian mereka, sekaligus sebagai momentum untuk mengharumkan wilayah Jabar di ajang kontes mekanik tersebut.

“Suatu kebanggan bagi kami yang akan mewakili Jawa Barat di ajang kontes tingkat Nasional tahun ini. Semoga dengan pembekalan dan persiapan yang telah kami lakukan bisa memberikan hasil terbaik,” kata Apit, dalam siaran resmi, Jumat (12/10) lalu.

Baca juga:  Lebaran 2018, Sepeda Motor Penyumbang Kecelakaan Terbesar

Sebagai informasi, sebanyak 7.239 siswa dari 127 SMK Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda di Jawa Barat yang mendaftar dan telah mengikuti proses seleksi yang berlangsung ketat pada penyisihan tahap 1 sepanjang bulan Januari – Maret.

Berdasarkan proses seleksi berjenjang tersebut, terpilih 63 siswa terbaik dari 63 SMK TBSM untuk mengikuti kontes tingkat regional Jawa Barat oleh PT DAM dan dihelat pada 17 Maret lalu di SMK Karya Nasional, Kuningan.

Materi yang diujikan saat penyisihan meliputi ujian teori dan kerja bangku yang disesuaikan dengan kurikulum teknik sepeda motor yang di ajarkan di setiap SMK TBSM Astra Honda. Peserta harus melakukan test praktik meja untuk bisa masuk ke babak final dengan materi trouble shooting.

Denny Budiman, General Manager Technical Service DAM mengatakan ajang ini menjadi wadah untuk peningkatan mutu pendidikan vokasi dalam mencetak kompetensi siswa yang terampil sesuai dengan perkembangan teknologi teknisi Honda.

Baca juga:  All New Ertiga Lumbung Baru Suzuki di Segmen Low MPV

“Kami berharap para perwakilan dari Jawa Barat dapat memberikan hasil yang positif di ajang Technical Skill Contest SMK 2018 tingkat Nasional,” tambah Denny.

Denny Budiman bersama para perwakilan SMK untuk Technical Skill Contest SMK 2018 tingkat Nasional.

“Kontes ini juga diharapkan dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan memacu para siswa SMK untuk terus meningkatkan kompetensinya di bidang otomotif roda dua, sehingga ke depan dapat menjadi tenaga-tenaga terampil yang siap memasuki dunia kerja,” pungkasnya.

Secara keseluruhan, DAM telah bekerja sama dengan 134 SMK TBSM Astra Honda yang tersebar di Jawa Barat. DAM secara aktif telah memulai program ini sejak 2009, dimana melalui program ini telah melahirkan alumni terampil, berkarakter, dan mumpuni. [dp/MTH]